Kali Gawe Meluap Genangi Puluhan Hektar Sawah, Permukiman Penduduk dan Sekolah

  • Whatsapp

KLATEN.Media3.id – Hujan yang melanda wilayah kabupaten Klaten hari Jum’at (11/12) siang sampai Sabtu pagi kemarin mengakibatkan aliran Kaligawe yang mengalir di beberapa desa di Kecamatan Juwiring Kabupaten Klaten meluap hingga menggenangi puluhan hektar sawah, permukiman penduduk dan sebuah bangunan sekolah.


Sungai Kaligawe yang merupakan anak sungai Bengawan Solo tidak mampu menampung limpahan air hujan yang turun hampir 12 jam lamanya. Akibatnya desa desa yang dilalui aliran Kaligawe seperti desa Sawahan, desa Jetis, desa Taji, desa Ketitang dan desa Carikan di kecamatan Juwiring kebanjiran.

Sekitar 40 puluh hektar persawahan, rumah penduduk bahkan sebuah bangunan sekolah terendam banjir. Musibah banjir ini justru dijadikan sebagai arena bermain bagi anak anak yang sedang libur sekolah selama pandemi covid19.

Kaligawe yang meluap tersebut diduga sebagai akibat banyaknya rumpun bambu yang ambruk mengarah di tengah aliran sungai sehingga menghambat aliran air dengan intensitas besar.

Dengan adanya bencana banjir tersebut, pihak pemerintah kecamatan Juwiring langsung menyiagakan semua kelompok relawan tanggap bencana yang sudah ada di setiap desa di kecamatan Juwiring.

(Sarjono)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.