Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK Serap Aspirasi Lewat Kegiatan “KPK Mendengar”

  • Whatsapp


JAKARTA, Media3.id – Dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2020 sekaligus Hari Ulang Tahun Komisi Pemberantasan Korupsi, hari ini (Senin, 7 Desember 2020) KPK mengadakan kegiatan “KPK Mendengar” yang dikuti oleh para tokoh agama, akademisi, pegiat antikorupsi dan para mantan Pimpinan KPK.

“KPK Mendengar” adalah ajang sumbang pikiran dan saran agar upaya pemberantasan korupsi dapat efektif, efisien, dan berdampak optimal. Seluruh Pimpinan KPK dan Dewan Pengawas hadir untuk mendengarkan apa yang menjadi aspirasi para pemangku kepentingan.

Hari ini, ada dua sessi kegiatan KPK Mendengar. Sesi pagi dihadiri oleh para tokoh agama dan pegiat antikorupsi yaitu : Kurnia Ramadhana (ICW – Pegiat Antikorupsi), Bhikkhu Dhammasubho Mahathera (Sangha Theravada Indonesia), Pendeta Jimmy Sormin (Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia – PGI), Judhi Kristantini (SPAK Indonesia), dan Benny Susetyo (Rohaniawan).

Sessi sore dihadiri oleh para mantan Pimpinan KPK, yaitu : Taufiqurrahman Ruki, Bibit Samad Rianto, Amien Sunaryadi, Haryono Umar, Chandra M. Hamzah, M Jasin, Agus Rahardjo, Laode M Syarif dan Saut Situmorang.

Melalui kegiatan “KPK Mendengar”, Pimpinan, Dewan Pengawas dan Struktural KPK mendengarkan aspirasi dan harapan publik terhadap KPK, yang akan menjadi masukan sekaligus evaluasi bagaimana perjalanan KPK selama ini dan apa strategi pemberantasan korupsi kedepannya agar lebih tepat sasaran.

Para tokoh agama memberikan saran untuk penguatan pendidikan karakter dan perubahan sistem pendidikan sebagai salah satu cara untuk pencegahan korupsi. Selain itu penguatan nilai-nilai dalam keluarga juga menjadi perhatian untuk menjaga moralitas publik.

Para mantan Pimpinan KPK memberikan apresiasi atas kerja KPK sekaligus memberikan masukan untuk kemajuan penanganan kasus korupsi yang akan dilakukan di masa mendatang. Menurut para mantan Pimpinan, KPK harus mengejar kemajuan teknologi untuk mendukung kerja penindakan, mengingat modus korupsi yang juga semakin beragam.

(Red)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *