Walikota Cimahi Dorong Inovasi Untuk Pelayanan Publik.

  • Whatsapp

Walikota Cimahi Ir. Ajay M Priatna, MM sedang menerima penghargaan Tingkat Nasional berbasis inovasi, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi melalui kolaborasi Quadruple Helix. Dari Mentri PAN RB Tjahyo Kumolo

Walikotana Cimahi bersyuku mendapatkan penghargaan dari Menteri Pan RB sudah yang ke 7 kali

Cimahi, MEDIA3.ID – Dengan raihan penghargaan tingkat Nasional, Walikota Cimahi Ir. Ajay Mochamad Priatna, MM dengan tegas berkomitmen terus untuk mendorong inovasi terkait untuk pelayanan publik.

Pemerintah Kota Cimahi untuk mendorong tumbuhnya inovasi demi meningkatkan kualitas pelayanan publik kembali memperoleh apresiasi.

Kali ini, apresiasi tersebut diperoleh dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI berupa Penghargaan Outstanding Achievement of Public Service Innovation 2020.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Kawasan Cimahi Techno Park sebagai pusat layanan terpadu Pengembangan Ekonomi Lokal Kota Cimahi berbasis inovasi, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi melalui kolaborasi Quadruple Helix.

“Alhamdulillah hari ini Cimahi…. mendapatkan apresiasi kembali dengan penghargaan untuk yang kesekian kalinya, dimana hari ini kita mendapatkan peringkat yang terbaik kategori kota untuk inovasi yang kita lakukan melalui pengembangan ekonomi di kawasan Cimahi Techno park dengan quadrupe helix-nya,” ungkap Ajay.

Menurut Ajay, ketika ditemui usai menerima penghargaan dimaksud, bertempat di Gedung Tribrata, Kebayoran Baru, Jakarta pada Rabu (25/11).

Penghargaan yang diterima oleh Kota Cimahi tersebut merupakan bagian dari rangkaian penyerahan penghargaan pelayanan publik yang diselenggarakan Kementerian PAN-RB, yang terdiri dari Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2020, Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Penanganan Covid-19 Tahun 2020 dan Kompetisi Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Tahun 2020.

KIPP tahun 2020 ini merupakan KIPP ke-7, sejak pertama diselenggarakan pada tahun 2014 oleh Kementerian PAN-RB. Dalam hal ini, KIPP merupakan strategi Kementerian PAN-RB dalam mendorong penciptaan/pembentukan inovasi pelayanan publik yang dilakukan instansi pemerintah untuk mendukung gerakan One Agency One Innovation sebagai bagian dari pelaksanaan reformasi birokrasi.

Pemenang KIPP Tahun 2020 dibagi kedalam 5 kategori yaitu Kementerian, Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota. Secara total, terdapat 45 finalis dari seluruh kategori yang mendapatkan penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020. Sebagai peraih peringkat terbaik untuk kategori kota, Cimahi berhak memperoleh penghargaan Outstanding Achievement of Public Service Innovation 2020 bersama peraih peringkat terbaik dari kategori lainnya yaitu POLRI (untuk inovasi RM-Papeda), Provinsi D.I. Yogyakarta (Jogjaplan), Kabupaten Kulonprogo (PanganKu), dan PT. Taspen (Sahabat Latanro). Para pemenang Top Inovasi.

Pelayanan Publik akan diikutsertakan dalam United Nations Public Service Awards (UNPSA) yang diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Khusus untuk pemerintah daerah yang masuk dalam Top 45 Inovasi Pelayanan Publik akan mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) dari Kementerian Keuangan RI.

“Insya Allah ini menjadi motivasi ke depan, menjadi spirit ke depannya, untuk kami dari pemerintah kota, terus melakukan inovasi-inovasi yang intinya untuk masyarakat Kota Cimahi,” terang Ajay.

Pada acara penyerahan penghargaan tersebut, Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin membuka dan memberikan arahan secara virtual.

Adapun Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo menyerahkan penghargaan secara langsung yang didampingi oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB Diah Natalisa.

Dalam acara tersebut, hadir pula para pimpinan Kementerian, Lembaga, Gubernur, Bupati dan Walikota, direktur utama BUMN dan pimpinan lembaga lainnya.

(Sinta/Bagdja)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.