Program Inovasi Mahasiswa KKN Tematik UPI Purwakarta: Mengatasi Masalah Belajar Anak Di Masa Pandemi Dengan “Reading Aloud”

  • Whatsapp

Rancaekek, Media3.id- Pembelajaran di masa pandemi covid-19, kegiatan belajar mengajar di sekolah beralih menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau pembelajaran daring (dalam jaringan). Upaya tersebut untuk mengurangi interaksi langsung para siswa baik dengan teman-temannya maupun dengan gurunya.

Ada beberapa siswa yang masih kesulitan dalam belajar, sehingga motivasinya berkurang dan siswa kehilangan semangat belajar. Untuk mengatasi hal tersebut Syifa Aulia Nurul Uula Mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia ( UPI ) Kampus Daerah Purwakarta di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Hafiziani Eka Putri, M.Pd. yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik PPD covid-19 menginisiasikan sebuah program inovasi berbentuk media pembelajaran berbasis audio visual (video) “Reading Aloud”, guna membantu guru dalam mengatasi masalah belajar siswa terutama membaca.

Kegiatan ini dilaksanakan di SDN Bojongloa 02 Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas 5 di SD tersebut, Neneng Nurul Khaerani, S.Pd. mengemukakan bahwa masih ada beberapa siswanya yang kesulitan dalam belajar terutama membaca, namun di masa pandemi ini perlu pendampingan dan latihan yang ekstra.

Program “Reading Aloud” melalui media video pembelajaran, siswa akan diinstruksikan untuk mendengarkan bacaan yang sedang dibaca oleh guru lalu siswa mengamati kata apa saja yang masih ia ingat setelah melakukan kegiatan membaca. Setelah menonton, mendengarkan dan mengamati, guru akan bertanya kepada siswa kata apa saja yang masih mereka ingat dan terdapat huruf apa saja dalam kata tersebut. Program “Reading Aloud” ini hadir selain untuk mengatasi masalah belajar siswa tentunya juga dalam masalah membaca yaitu untuk melatih siswa agar lebih semangat dalam belajar membaca. Berikut ini adalah pelaksanaan program “Reading Aloud”.

Program “Reading Aloud” ini terbukti meningkatkan semangat belajar siswa terutama dalam membaca dan guru juga merasa terbantu dalam mengajarkan siswanya belajar membaca.

“Videonya sangat menarik, sehingga siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran walaupun daring.” Ujar guru tersebut.

Menurut “SE” salah satu siswa, dia merasa senang dan makin semangat dalam belajar membaca.

Untuk itu program “Reading Aloud” ini dapat dijadikan alternatif yang dpat membantu guru dan siswa untuk belajar membaca agar lebih semangat dan menyenangkan.

(Dmn/Syifa Aulia Nurul Uula)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.