Peran Mahasiswa Ditengah Pandemi COVID-19

  • Whatsapp

Purwakarta, Media3.id- Acara seminar Pendidikan sudah menjadi agenda rutin bagi mahasiswa/i pada setiap semester. Namun, semenajak virus corona mewabah di Negara Indonesia semua kegiatan secara langsung (tatap muka) terpaksa harus diganti dengan kegiatan daring (online) dan termasuk seminar yang selalu dilakukan oleh mahasiswa/i terpaksa harus melakukan daring juga. Memberikan tugas kepada setiap mahasiswa untuk mengadakan KKN Tematik berbasis Online dan tetap mematuhi Protocol Kesehatan. Universitas Pendidikan Indonesia mengadakan KKN Tematik berbasis online yang bertemakan tentang ”KKN Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19”. Peran mahasiswa dalam memberikan pemberitaan di media juga sangat berperan penting.

“Fungsi mahasiswa ada dua, yakni mahasiswa sebagai agen perubahan yang mampu untuk memberitahukan hal-hal penting bagi masyarakat dan mahasiswa sebagai agen kontrol sosial yang berbicara tentang bagaimana mahasiswa harus mampu menempatkan dirinya sebagai kaum tengah yang bisa berada di antara masyarakat dan pemerintah (sebagai penyambung lidah rakyat kegiatan KKN Tematik yang berprogram dalam membantu guru dalam pembelajaran dan mendampingi siswa dalam pembelajaran jarak jauh melalui daring. Kegiatan ini saya lakuka)”. Pandemi covid-19 menyebabkan KKN Tematik kali ini dilaksanakan secara individu di desa masing-masing dengan tetap mematuhi protocol.

Hal yang paling umum dilakukan di KKN Tematik Covid-19 ini adalah memberikan edukasi dan demostrasi seputar Covid-19 kepada masyarakat sekitar. Sesuai dengan aturan covid-19 yaitu dirumah saja, maka mahasiswa KKN melakukan penyuluhan dengan secara Daring/virtual kepada siswa. Kami selaku mahasiswa/i ditugaskan untuk mengikuti dalam rangka memenuhi tugas KKN Tematik berbasis online, saya sangat antusias dalam melaksanakan artikel ini, kami mengikuti KKN ini banyak sekali pengatahuan dan wawasan dalam pembelajaran jarak jauh yang kami lakukan.

Hampir seluruh orangtua di Indonesia ada saat ini bertanggung jawab penuh untuk mendampingi anak-anaknya Belajar Dari Rumah (BDR). Di tengah Pembatasan Sosial Berskala Besar akibat wabah covid-19, kita harus tetap semangat mengejar ilmu pengetahuan untuk mecapai Pendidikan yang bermanfaat . Hampir tidak ada yang menyangka, wajah Pendidikan akan berubah drastic akibat pandemic covid-19.

Namun demikian, Pendidikan tidak boleh menurun kualitasnya sebaliknya Pendidikan harus lebih meningkat kualitasnya.adapun dampak positifnya dalam pandemic saat ini adalah para guru yang tadinya gaptek terhadap teknologi sekarang justru mau tidak mau mereka harus belajar menggunakan teknologi, karena dalam pembelajaran saat ini guru dituntut untuk dapat melakukan pembelajaran dengan daring yang harus bisa mengoprasikan teknologi dan bagi orangtua mereka lebih memperhatikan dan mendapingi anaknya pembelajaran jarak jauh. Sedangkan dampak negative, pembelajaran kurang maksimal karena para siswa tidak bisa dipantau secara langsung oleh guru.

Good Luck untuk semua mahasiswa/i yang sedang memperjuangkan untuk mendapatkan sebuah gelar dalam situasi seperti ini. Kuliah online bukanlah alas an untuk tidak belajar. Jangan merugikan diri kamu sendiri!

(Dmn Hr/Sabdasih Septi Utami)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.