Mahasiswa UPI Purwakarta Berdedikasi

  • Whatsapp

Purwakarta, Media3.id- Musibah yang datang pada tahun 2019 berasal dari China dan menyebar, khususnya ke Indonesia. Hal ini sangat merugikan pada segala aspek kehidupan Penurunan drastis kestabilan ekonomi dari para pedagang kecil hingga perusahaan besar sebagai donatur negara. Karyawan dan buruh di PHK akibat merosotnya keuntungan perusahaan. Masyarakat yang kelaparan bertebaran dimana-mana dan menunggu sebuah pertunjukan iba dari pemerintahnya. Sikap egoisme rakyat mulai tumbuh ingin dipenuhi haknya dengan melalui berbagai cara.

Selain itu makhluk kecil ganas dan mematikan tersebut sangat berpengaruh  juga pada dunia pendidikan. Program yang sudah dirancang sedemikian matang sebagian tidak terlaksana karena mengikuti protokol kesehatan social distancing. Namun untuk tetap menjalankan kegiatan pembelajaran maka dilaksanakan secara on line/ daring.

Masyarakat awam dan apatis di desa beberapa enggan untuk mengikuti protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) yang beranggapan wilayahnya berada pada zona aman. Apalagi pemerintah sudah membuka beberapa wilayah dan menyatakan era New Normal (Kebiasaan Baru) sehingga semua orang sudah berhak berlalu lalang kemana-mana.

Dalam hal ini civitas akademika Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mempersembahkan pengabdian kepada masyarakat Indonesia melalui KULIAH KERJA NYATA TEMATIK PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN DAMPAK COVID-19 (KKN TEMATIK PPD COVID-19) di bidang Pendidikan dan Ekonomi pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru gelombang ke 2 yang dilaksanakan dari 16 November 2020-30 Desember 2020. Kegiatan ini dilaksanakan memiliki tujuan agar peserta didik mulai dari PAUD/ TK – SMA/SMK/Sederajat serta masyarakat merasa tertolong dengan pengabdian yang dijalankan oleh mahasiswa walaupun hanya sebatas daring. Akan tetapi minimal mahasiswa dapat mendampingi pembelajaran peserta didik, sharing dengan masyarakat, dan mengamalkan ilmu yang dimiliki perihal kesehatan yang harus dijaga di masa Covid-19 ini.

Mahasiswa yang mengikuti kegiatan KKN TEMATIK PPD COVID-19 ini tersebar di beberapa provinsi dan berjumlah 3247 mahasiswa dengan daring/ on line melalui jaringan yang dapat dijangkau oleh masyarakat dan peserta didik dari semua kalangan baik berbentuk teks, audio dan maupun video. Salah satu daerah yang terdapat mahasiswa sedang melaksanakan KKN yaitu kp. Dangdeur, Desa Rende, Kecamatan Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat.

Beberapa masyarakat berpendapat bahwa kegiatan KKN TEMATIK PPD COVID-19 gelombang 2 pada tahun ini sangat berbeda karena hanya bertatap di dunia maya saja sehingga mahasiswa belum nyata merasakan menjadi rekan masyarakat dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Terdapat beberapa kegiatan yang dirangkai dalam KKN TEMATIK PPD COVID-19 gelombang 2 yaitu pendampingan pembelajaran kepada guru dan peserta didik serta orangtuanya, pembuatan media pembelajaran agar peserta didik tidak jenuh dengan pembelajaran daring yang dijalaninya selama ini, penyuluhan dalam penerapan protokol kesehatan pada semua kalangan tanpa terkecuali, membantu mengembangkan hobi para ibu rumah tangga dan beberapa pengangguran untuk menghasilkan keuangan yang bisa memperbaiki siklus ekonomi masyarakat setempat, serta mengedukasi teknologi yang dapat masyarakat manfaatkan untuk menghadapi situasi social distancing saat ini agar tetap beraktivitas seperti sedia kala. Kegiatan ini dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) per kelompok. Serta mahasiswa peserta KKN diberikan buku panduan perihal teknis pelaksaan KKN ini.

Salah satu kegiatan yang direalisasikan kepada masyarakat oleh mahasiswi UPI Purwakarta yaitu Ai Saadah (20) di bidang kesehatan adalah dengan terus-menerus mengingatkan dan mengajak untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 3M yang dimuat dalam video dan poster serta dibagikan melalui media sosial.

Banyak harapan dalam kegiatan ini, semoga dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dan target objek pengabdian ini. Corona virus segera kembali pada pemilik-Nya. Serta diberikan yang terbaik oleh Allah swt. untuk menghadapi cobaan ini dan semoa selalu dikuatkan dan tabah dalam menghadapi apapun.

(Ai Saadah/Dmn Hr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.