Belajar Asyik Lewat Website Ramah Anak

  • Whatsapp

Purwakarta, Media3.id- Semenjak merebaknya kasus positif Virus Covid-19 di Indonesia, pemerintah akhirnya membatasi adanya aktivitas-aktivitas yang melibatkan orang-orang dengan jumlah skala besar demi menghambat penyebaran virus ini. Dari sekian banyaknya sektor yang terdampak, sektor pendidikan menjadi salah satu yang terkena dampaknya. Sekolah harus dilakukan dengan model Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Demi memutuskan rantai penyebaran Virus Covid-19.

Dalam rangka pelaksanaan (Muliah Kerja Nyata) KKN Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 yang diadakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), mahasiswa diwajibkan untuk merancang dan membantu guru dalam pelaksanaan program PJJ yang kini sedang berlangsung sebagai dampak dari Covid-19. Salah satu program tersebut adalah dengan pemanfaatan website ramah anak dalam pelaksanaan kegiatan belajar dari rumah untuk anak PAUD yang dilakukan oleh Sinta Lutfianindita, Mahasiswi KKN UPI Purwakarta.

Penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran diharapkan dapat memberikan manfaat, baik dalam mengembangkan aspek perkembangan anak secara umum maupun mengembangkan aspek kognitif. Halaman web ramah anak yang dapat diakses itu sendiri diantaranya adalah https://pbskids.org dan https://reader.letsreadasia.org.

Program pemanfaatan website ramah anak yang diadakan oleh mahasiswi KKN PPD Covid-19 UPI Purwakarta ini dilakukan untuk memberikan informasi kepada guru dan orang tua siswa bahwa ada banyak sekali website-website di Internet yang cocok untuk anak dan dapat dijadikan salah satu sumber belajar selama anak melakukan kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR).

Arnyati, selaku guru kelas di PAUD Manggis tempat pelaksanaan KKN PPD Covid-19 UPI Purwakarta menyatakan “Adanya inovasi pembelajaran melalui website ramah anak ini cukup membantu guru dalam pelaksanaan PJJ. Selain itu, kegiatan ini sangat membantu guru dalam penyediaan media pembelajaran untuk siswa.”

Website-website tersebut juga menyediakan beberapa file dokumen lembar kerja siswa yang bisa diunduh dan dicetak untuk mendukung kegiatan anak belajar dirumah, buku cerita anak dengan berbagai macam tema dan level membaca yang beragam serta bisa diunduh, hingga permainan interaktif dengan animasi yang lucu-lucu.

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi salah satu langkah yang dilakukan untuk mengikuti himbauan pemerintah terkait pencegahan Covid-19 untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona di Kabupaten Bandung Barat, khususnya di Kecamatan Cikalongwetan.

Dengan adanya kerja sama yang dilakukan antara Mahasiswi, guru dan orang tua dalam pembimbingan pembelajaran daring ini, diharapkan anak akan tetap mampu belajar tanpa ada rasa tertekan maupun bosan karena harus berdiam diri dan melakukan aktivitas di dalam rumah. Semoga pandemi Covid-19 ini juga dapat segera berakhir agar anak bisa kembali bertemu dan belajar bersama kembali dengan teman-temannya di sekolah.

(Dmn Hr/Sinta Litfianindita)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.