Agen e.warung BPNT Desa Karyasari Tak Punya Rekomendasi Desa dan diduga tidak Lolos Verifikasi Himbara Bank BTN

  • Whatsapp

PANDEGLANG, media3.id – Salah satu sayarat untuk menjadi Agen atau E-Waroong dalam penyaluran Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah harus mendapatkan rekomendasi serta verifikasi dari Pemerintah Kabupaten dan Bank yang penyalur, hingga Kelurahan. Yang di dalamnya mencakup Kepala Desa, Kasi Kesos, Camat, dan TKSK. Hal itu tertuang dalam dalam Pedoman Umum Program BPNT, tepatnya di dalam Bab 3 tentang mekanisme penyaluran.

Persyaratan-persyaratan tersebut dibuat dengan ketat oleh Pemerintah Pusat melalui Kementrian Sosial agar seluruh Agen BPNT yang terpilih di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, benar-benar memiliki kompetensi dan uji kelayakan. Hal tersebut ditujukan untuk mencegah terjadinya penyimpangan dan pelanggaran oleh para oknum pemilik Agen atau E-Waroong.

Termasuk yang terjadi di Desa Karyasari Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten baru-baru ini. Di mana sebuah Agen BPNT atas nama Etin atau Adam diduga telah melakukan mark up atau mengurangi timbangan protein hewani daging ayam, karena salah satu jenis komoditi yang disalurkan tidak sesuai kualitas dan kuantitas, dan harganya.

Hal itu juga diduga karena Agen BPNT yang ada di Desa Karyasari, Kecamatan Sukaresmi Pandeglang Banten atas nama Etin dan Adam tidak pernah mendapatkan rekomendasi dari Kepala Desa Karyasari. kecamatan sukaresmi Pandeglang Banten, Sehingga uji kelayakannya sebagai Agen atau E-Waroong patut dipertanyakan.

Menurut Epen selaku Kepala Desa Karyasari saat dikonfirmasi media3.id melalui washpp menuturkan, dirinya tidak merasa memberi rekomundasi e.warung atas nama etin/adam. bahwa pihaknya belum pernah memberikan rekomundasi apapun.

“Kami belum pernah merasa memberi rekomendasi apapun. Makanya saya pernah menanyakan ke TKSK Kecamatan Sukaresmi. kabupaten Pandeglang Banten, jawabnya ketika ditanya kepada TKSK dibuatnya mendadak jawab TKSK kepada saya.” Ujar Kades sembari menirukan ucapan TKSK.

saat awak media3.id mengopirmasi melalui washpp korkab BANK BTN selaku Ketua korkab BANK BTN belum menjawab

(Anan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.