Djamu Kertabudi : “Jangan Salah Persepsi, RUU tentang perubahan UU No.7 Tahun 2017 tentang Pemilu Tidak Terkait Pilkada,”

  • Whatsapp

Djamu Kertabudi, sebagai pengamat politik & Pemerintahan juga Dosen Universitas Nurtanio & STIA LAN-RI,

CIMAHI, MEDIA3.ID –Pebedaan persepsi masalah RUU tentang perubahan UU No.7 Tahun 2017 tentang Pemilu, yang sedang dilakukan pembahasan di DPR-RI, dengan Pemerintah, menurut Djamu Kertabudi, sebagai pengamat politik & Pemerintahan juga Dosen Universitas Nurtanio & STIA LAN-RI, hal itu tidak terkait dengan Pemilihan umum Kepala Daerah (Pilkada). kamis (19/11/2020)

“Ya betul, sebagai tambahan bahwa memang saat ini RUU tentang perubahan UU No.7 Tahun 2017 tentang Pemilu lagi dilakukan pembahasan di DPR dengan Pemerintah. Namun hal ini tidak terkait dengan Pilkada, karena pemilihan Kepala Daerah tidak termasuk rezim Pemilu, ujar Djamu.

Sebagaimana diatur dalam UUD 1945 (Amandemen) pada pasal 22E ayat (2) yang berbunyi

“Pemilihan Umum diselenggarakan untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat, (DPR), DPD, Presiden/Wakil Presiden, dan DPRD. Adapun pemilihan Kepala Daerah diatur pada pasal 18 ayat (4) yang berbunyi “Gubernur, Bupati, dan Walikota masing-masing sebagai Kepala Pemerintah Daerah propinsi, kabupaten dan kota dipilih secara demokratis,” ungkap Djamu.

“Dengan demikian, kata Djamu kembali, bahwa masalah Pilkada ditetapkan secara terpisah berdasarkan UU No.10 Tahun 2016,” tuturnya.

(Sinta/Bagdja)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.