Bisnis Tanaman Porang Mewabah dikalangan Petani Jambi.

  • Whatsapp

Jambi-media3.id – Porang atau dikenal juga dengan nama iles-iles adalah tanaman umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri.

Manfaat porang ini banyak digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air, selain juga untuk pembuatan lem dan “jelly” yang beberapa tahun terakhir kerap diekspor ke negeri Jepang.

Umbi porang banyak mengandung glucomannan berbentuk tepung. Glucomannan merupakan serat alami yang larut dalam air biasa digunakan sebagai aditif makanan sebagai emulsifier dan pengental, bahkan dapat digunakan sebagai bahan pembuatan lem ramah lingkungan dan pembuatan komponen pesawat terbang, demikian dilansir laman resmi Kementerian Pertanian.

Porang adalah tanaman yang toleran dengan naungan hingga 60%. Porang dapat tumbuh pada jenis tanah apa saja di ketinggian 0 sampai 700 mdpl. Bahkan, sifat tanaman tersebut dapat memungkinkan dibudidayakan di lahan hutan di bawah naungan tegakan tanaman lain. Untuk bibitnya biasa digunakan dari potongan umbi batang maupun umbinya yang telah memiliki titik tumbuh atau umbi katak (bubil) yang ditanam secara langsung.

pangsa pasar porang dijambi sangat bagus, dikarenakan daerahnya masih luas dan peminat semakin tumbuh bersama adanya Asosiasi Porang Indonesia (Aspeporin) “ungkap Siswanto”

lanjut siswanto, Menjelaskan saat diwawancari Porang adalah bisnis masa depan, yang kedepannya dapat menjadi bisnis yang berkembang dijambi, salah satu indrusri yang mulai di klola bersama teman, yang berlokasi Di Desa Talang belido Sei Gelam Muara Jambi.

Semoga Tanaman Porang dapat Menjadi produk unggulan di masa depan, dan menjadi industri yang bisa membuat masyarakat petani porang sukses, dan jadilah pelopor serta perintis usaha kerakyatan ini agar dapat mengangkat ekonomi petani lokal khususnya Petani jambi.


(firl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.