LSM Pemuda Geruduk KPK Agar Bongkar Kasus Bansos Covid-19

  • Whatsapp

Kurang lebih 100 anggota LSM Pemuda lakukan aksi demontrasi ke gedung Merah Putih KPK Jalan Kuningan Jakarta.

KBB, MEDIA3.ID – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM);Pemuda, geruduk kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait diduga Diane Yulandari, istri kedua Bupati Kabupaten Bandung Barat Aa Umbara Sutisna, telah menyelewengkan dana anggaran Bantuan Sosial (Bansos) untuk Corona virus deseas (Covid)-19. di Jakarta Gedung merah Putih KPK Jalan Kuningan Jakarta.

Kurang lebih 100 orang dari LSM Pemuda berorasi didepan gedung KPK tersebut .

Tiga point tuntutan meraka adalah, Mendesak kepada KPK agar sesegera mungkin, lembaga KPK untuk bongkar dan usut tuntas dugaan kasus korupsi bansos covid-19 yang melibatkan istri Bupati KBB seorang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kedua pihak LSM Pemuda juga mendesak KPK segera untuk mengambil alih penanganan kasus dana hibah KOmite Nasional Indonesia (KONI) yang merugikan negara senilai Rp 10 Milyar.

Disamping itu LSM Pemuda juga mendesak pihak KPK agar usut tuntas dan dilakukan pemeriksaan terhadap seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait Proyek-proyek tahun anggaran 2019 sampai dengan 2020.

Seperti yang diungkapkan oleh Ketua LSM Pemuda KBB, Koswara, menurutnya, diduga kuat ada sejumlah aliran dana dari para Kepala SKPD dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kepada Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna.

“Aksi unjuk rasa tersebut, bukan merupakan langkah akhir berorasi menuntut KPK segera mengusut dan memeriksanya,” tegas Koswara.

Namun Kata Koswara kembali, aksi unjuk rasa ini merupakan langkah pertama mendorong pihak KPK untuk membersihkan para oknum pejabat Kabupaten Bandung Barat yang menggerogoti uang rakyat ini.

“Kami akan kembali berunjuk rasa di Kantor KPK, sampai Bupati Bandung Barat dan oknum pejabat terkait lainnya masuk sel, dipenjarakan,” tegas Koswara.

Dalam unjuk rasanya mereka pampangkan spanduk yang bertuliskan ‘Periksa dan Penjarakan Pelaku Penyelewengan Bansos COVID-19 yang Melibatkan Diane Yulandari DKK’

Sementara itu, waktu bersamaan, dengannitu KPK juga sedang melakukan pemeriksaan Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna di Gedung Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Cibereum Kota Bandung.

Pemeriksaan berlangsung selama delapan jam, tim penyidik KPK menyita barang bukti dokumen yang dimasukan ke dalam mobil.

(Sinta/Bagdja)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.