Suhu Udara Panas Landa Daerah Istimewa Yogyakarta

  • Whatsapp

Yogyakarta, Media3.id- Beberapa hari terakhir, wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta dilanda dengan suhu udara yang tinggi.

Bahkan menurut catatan BMKG Stasiun Klimatologi (Staklim) Mlati, Sleman, tercatat suhu udara maksimal terjadi pada Jumat 6 November 2020 yakni diangka 34 derajad celcius.

Terkait dengan suhu udara yang tinggi ini, Kepala BMKG Staklim Mlati, Reni Kraningtyas mengatakan merujuk analisis yang pihaknya lakukan, faktor meteorologislah yang paling berpengaruh terhadap naiknya suhu udara di DIY.
“Saat ini bulan November posisi matahari sudah berada di belahan bumi selatan sehingga Jawa menerima intensitas radiasi yang msh tinggi,” jelasnya.

Selain itu terdapat juga faktor meteorologis lain yang mempengaruhi suhu udara yang tinggi di DIY, faktor tersebut yakni kondisi cuaca cerah.
“Hari ini, Senin (9/11/2020), terpantau sedikit tutupan awan, maka hampir tidak ada yang menghalangi sinar matahari masuk ke Bumi. Ini menyebabkan suhu bumi cepat tinggi dan terasa panas terik,” ujarnya.

Kondisi ini lanjut dia, secara signifikan memang dirasakan di DIY pada beberapa hari terakhir. Di sisi lain, kondisi seperti ini kebetulan bersamaan dengan naiknya status Merapi.

(Shaleh Rudianto)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.