Jenazah Gusti Kanjeng Ratu Sekar Kencono Akan Dimakamkan Di Makam Raja-raja Mataram Di Imogiri

  • Whatsapp

Surakarta, Media3.id-Mendung dan hujan gerimis yang menggelayuti langit Desa Langenharjo Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo, Kamis (5/11/2020) sore jam 16.00 WIB bertepatan dengan adanya kabar duka Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Sekar Kencono atau Gusti Raden Ayu (GRAy.) Koes Handariyah wafat.

Almarhumah yang merupakan salah seorang putri dari mendiang Raja Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Ingkang Sinuhun Kanjeng Sunan (ISKS) Paku Buwono XII, sekaligus adik ketiga ISKS Paku Buwono XIII ini wafat di usia ke 69 tahun.

“Gusti Sekar Kencono tutup usia di usianya yang ke 69 tahun dan dikarenakan gerah (sakit) “, ungkap Miko, salah seorang kerabat Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat kepada Media3.id Kamis (5/11/2020) sore jam 18.00 WIB.

Direncanakan, lanjut Miko, GKR Sekar Kencono akan dimakamkan di Makam Raja-raja Mataram di Imogiri Yogyakarta pada hari Jum’at (6/11/2020) esok. “Dijadwalkan jenazah almarhumah akan diberangkatkan dari Panglereman Kagungandalem Sasana Mulya Karaton Surakarta Hadiningrat pada jam 09.00 WIB menuju ke Astanalaya (makam) Raja-raja Mataram di Imogiri Yogyakarta “, ucapnya.

Almarhumah GKR Sekar Kencono, dalam keadaan tengah sakit pun, dikenal sangat antusias dan perhatian terhadap keutuhan dan kebersamaan para kerabat dalem Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Bahkan pemahamannya tentang peran strategis Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dalam sejarah pergerakan nasional Indonesia sangat mendalam, termasuk keberadaannya di era kekinian Indonesia.

(Shaleh Rudianto)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *