Dinas PDK Siak Minta SMPN  5 Kembalikan Pungutan Kepada Siswa

0
28

Kabupaten Siak, media3.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak meminta SMP Negeri 05 Kerinci Kanan kembalikan bangku dan kelebihan harga uang seragam kepada siswanya. Hal ini merupakan kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Siak setelah melakukan klarifikasi langsung ke sekolah tersebut pada tanggal 17 Agustus 2019 lalu.

Kebijakan itu disampaikan oleh kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PDK) Kabupaten Siak H. Lukman S.Sos M.Pd menyikapi dugaan pungutan di SMP Negeri 05 Kerinci Kanan, Kabupaten Siak, Propinsi Riau kepada media ini melalui pesan di aplikasi whatssAp Rabu (21/8/19) malam. Dimana sejumlah orang tua siswa mengeluhkan pemungutan biaya bangku Rp 425 ribu kepada setiap siswa. Juga pemungutan uang baju seragam sekolah yang jauh diatas standar harga, 4 pasang bakal kain dan satu stel baju olahraga siap pakai Rp 924 ribu diluar upah jahit.

Pesan yang disampaikan oleh Lukman sebagai kebijakannya selaku kepala dinas dalam mengklarifikasi dugaan pungutan liar tersebut sebagai berikut,

Assalamualaikum,,,
Ump. Korwilcamdikbud Kec Kerinci Kanan.

Berdasarkan hasil kunjungan ke SMPN 5 Kr Kanan pada hari Sabtu tanggal 17 Agustus 2019, setelah menerima dan mempertimbangkan  masukan dari beberapa pihak baik pihak sekolah (Kepala sekolah dan Guru), Komite Sekolah dan beberapa Orang tua peserta didik, ditegaskan pada kesempatan pertama sbb ;

1). Terkait penyediaan bahan baju seragam sekolah agar dihitung harga riel pembelian (tampa ada keuntungan) bersama sama pihak terkait, selanjutnya mengembalikan sisa pembelian kepada orang tua peserta didik tampa ada potongan.

2). Terkait pembelian bangku oleh orang tua peserta didik, bangku agar dikembalikan kepada orang tua untuk dimamfaatkan dirumah. Pihak sekolah agar memamfaatkan secara maksimal mobiler yang ada saat ini.

3). Terkait uang iuran Pramuka agar dikembalikan kepada orang tua peserta didik, iuran pramuka dapat dipungut sebesar sesuai hasil musyawarah gugus depan dan dibayar kepada masing masing pengurus gugus depan setelah peserta didik dinyatakan anggota aktif pramuka di gugus depan.

4). Korwilcamdikbud agar menindaklanjuti dan memonitor terhadap proses sebagaimana disebutkan diatas dan kenyampaikan laporan Kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Demikian dan terima kasih,
Wassalam.

Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kab Siak
Ttd

H. LUKMAN, S.Sos, M.Pd

Inilah bunyi klarifikasi yang dikirim oleh kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak di WA media ini. (Sona)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here