Waspada Musim Kemarau Rawan Kebakaran

0
4
Ilustrasi net

Cimahi, Media3.id – Dalam musim kemarau, banyak terjadi kebakaran, diakibatkan pembakaran ilalang dan sampah yang dibakar secara kurang hati-hati, diakibatkan hembusan angin yang cukup kencang.

Dinas Pol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cimahi mewaspadai kebakaran ilalang dan kebakaran akibat pembakaran sampah pada musim kemarau tahun ini.

Pasalnya, kebakaran ilalang dan pembakaran sampah mendominasi kejadian kebakaran tahun lalu.

Berdasarkan data dari Pemadam Kebakaran Kota Cimahi, pada tahun 2018 terjadi hingga 90 kejadian kebakaran, sebanyak 28 kejadian diantaranya terjadi saat musim kemarau yaitu kasus kebakaran ilalang dan kebakaran di lahan kosong akibat pembakaran sampah tersebut.

Komandan Regu Damkar Kota Cimahi Indrahadi mengatakan, saat memasuki musim kemarau ini, pihaknya akan berupaya untuk antisipasi kejadian kebakaran ilalang, dan pembakaran sampah tersebut dengan melakukan sosialisasi dan monitoring wilayah.

“Saat musim kemarau memang rawan terjadi kebakaran ilalang dan kebakaran akibat pembakaran sampah. Kami telah melakukan berbagai upaya antisipasi,” ujarnya.

Kebakaran ilalang saat musim kemarau biasanya terjadi akibat faktor cuaca panas yang menyebabkan ilalang menjadi kering, sehingga sangat mudah terbakar dan apinya cepat membesar karena hembusan angin kencang.

“Kami akan terus sosialisasikan kepada warga, jangan sampai menyalakan api di sekitar lahan ilalang karena sekecil apapun api pasti bisa membakar ilalang yang sudah kering,” ulasnya.

Kebakaran ilalang kerap terjadi di wilayah Cimahi Selatan yang banyak terdapat lahan kosong. Termasuk yang digunakan untuk pembakaran sampah.

“Pada tahun lalu memang kebakaran ilalang banyak terjadi di wilayah Cimahi Selatan, seperti di Gunung Bohong dan di daerah Brigif, sisanya terjadi di pemukiman padat penduduk,” ucapnya.

(Bagdja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here