Joko Widodo: Pembangunan SDM, Kunci Indonesia Menjadi Negara Maju

0
101
Presiden Terpilih Ir. H. Joko Widodo
Presiden Terpilih Ir. H. Joko Widodo

BOGOR, media3.id – Presiden terpilih Pemilu 2019, Ir Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan fokusnya pada pemerintahan periode kedua. Selain melanjutkan pembangunan infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia (SDM) disebut merupakan kunci menjadi sebuah negara maju.

“Pembangunan SDM menjadi kunci Indonesia ke depan,” tutur Jokowi saat berpidato di Sentul International Convention Center (SICC) Sentul – Bogor, Jawa Barat, Minggu, (14/7/2019) kemarin.

Untuk mendorong pembangunan manusia, Jokowi menyebut, syarat-syarat akan hal itu dimulai dari memastikan kesehatan ibu hamil. Setelah lahir, pemerintah juga akan memastikan sang anak mendapatkan jaminan kesehatan hingga waktu sekolah.

“Kesehatan bayi, kesehatan balita, kesehatan anak usia sekolah. Ini merupakan umur emas untuk mencetak manusia Indonesia unggul ke depan. Itu harus dijaga betul. Jangan sampai ada stunting, kematian ibu, atau kematian bayi meningkat tugas besar kita di situ,” jelas Jokowi.

Jokowi mengatakan, program pendidikan selama pemerintahannya di periode pertama akan terus ditingkatkan. Namun di periode kedua, ada satu hal yang amat penting menjadi prioritasnya bersama Wakil Presiden terpilih KH Ma’ruf Amin.

Menurut Jokowi, Indonesia kini butuh tenaga terampil. Ke depan, ia mewacanakan membentuk satu lembaga yang fokus menyaring talenta unggul. “Kualitas pendidikannya juga akan terus kita tingkatkan. Bisa dipastikan pentingnya vocational training, pentingnya vocational school. Kita juga akan membangun lembaga Manajemen Talenta Indonesia,” ujar Jokowi

Sementara itu salah satu relawan pendukung Jokowi – Amin yang ikut dalam acara, Visi Indonesia di SICC Sentul, Bogor yaitu Relawan ASPER Jokowi- Amin sangat mengapresiasi pidato Presiden terpilih Jokowi.

“Apa yang disampaikan oleh Bapak Presiden Jokowi dalam pidatonya itu juga menjadi program kami dalam mendukung pemerintah, yaitu konsen untuk pemulihan ekonomi rakyat” kata Ben Siburian Ketua Umum Relawan ASPER Jokowi – Amin. (BMS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here