Irigasi Tak Berfungsi Petani Berharap Pemerintah Bisa Membantu Solusi Saat Kemarau

0
45

Kota Banjar, media3.id – Dampak kekeringan yang cukup lama ditambah pasokan air dari irigasi yang kurang mengakibatkan pertumbuhan padi di desa Raharja kec Purwaharja dan sekitarnya menjadi kurang optimal dan bahkan riskan akan gagal panen .selasa (23/7/2019).

Menurut Ibu Nesih salah satu petani Desa Raharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar mengalami gagal panen. Namun dari keseluruhan lahan pertanian masih ada yang masih bisa diselamatkan itu pun harus ekstra perawatannya dan juga warga mengandalkan sumur bor yang dibuat warga.

“Pada saat seperti inilah yang ditakutkan para petani disini disaat musim kering seperti ini. Ditambah lagi banyak sekali hama wereng dan tikus yang memperparah kondisi di sini,” ujarnya saat diwawancara oleh media3.id.

Harapannya, seumpama ada bantuan dari pemerintah dalam bentuk sumur pantek, alat semprot atau sedot, setidaknya bisa membantu para petani, mengurangi dampak kekeringan lahan.

Hal senada di jelaskan oleh bapa karman menurutnya, memang ada cara untuk mengairi sawah itu pun harus memakai sumur bor dan untuk membeli bahan bakarnya pun cukup lumayan mahal dan memberatkan petani.

“Kami berharap ada solusi dan bantuan dari pemerintah untuk menyelesaikan ini
Sehingga tidak terlalu merugikan bagi para petani.” Harap Karman saat di temui media3.id.

(Wahyu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here