Musim Kemarau Sawah Di Banjar Mulai Kekeringan

0
11
Kepala Bidang Pertanian Dinas Pertanian Peternakan Kota Banjar Maya Triwagia SP. (Foto: Degum/media3.id)
Kota Banjar, media3.id – Akibat kemarau panjang yang saat ini melanda Kota Banjar, Jawa Barat. Ribuan hektar area sawah di wilayah Kota Banjar terancam kekeringan dan gagal panen. Kamis, (27/6/2019).
Sebanyak 1208 Hektar area persawahan tadah hujan di kota Banjar mengalami Kekeringan akibat musim kemarau, yang diprediksi akan panjang. Para petani di Banjar sudah mulai beralih bercocok tanam dari menanam padi saat ini menanam palawija. Seperti ubi, jagung, kacang dan lainnya. 
Kepala Bidang Pertanian Dinas Pertanian Peternakan Kota Banjar Maya Triwagia SP menuturkan, total semua ada 3311 hektar sawah diantaranya irigasi 2103 dan tadah hujan 1208. Namun teracam Kekeringan ada 1208 Hektar area sawah tadah hujan.
“Smentara ini yang sudah ditanami padi ada 250 Hektar sawah dan mengalami kekeringan diantaranya 160 Hektar sawah di Kecamatan Banjar, Kecamatan Pataruman 80 H, Kecamatan Purwaharja 50 H, dan Kecamatan Langensari 60 H. Sementara sisanya 958 H sawah belum sempat ditanami padi.” Jelas Maya kepada media3.id . 
Lanjutnya, sebetulnya Dinas pertanian sudah berusaha memberi informasi kepada kelompok tani akan adanya musim kemarau, namun sebagian petani tetap kekeh menanam padi. Padahal air di sawah sedikit. 
(Dede Gumilar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here