MERASA TERDZOLIMI BANTUAN RTLH WARGA MISKIN DESA MARUYUNG MEMINTA KEADILAN

0
35

Media3.id, kab Bandung – Nunung salah satu  Warga miskin RW 07/01, desa Maruyung, kecamatan Pacet, kabupaten Bandung, mengeluhkan sikap Pemerintah desa  Maruyung, yang mendiskualifikasi bantuan RTLH.

Menurut Nunung kepada reporter media3.id rumah miliknya sebelumnya sudah mendapatkan rekomendasi realisasi  bantuan RTLH untuk tahun sekarang. Namun entah mengapa waktu itu dari pihak Pemdes, terdiri dari LPMD dan BPD setempat membatalkan kucuran bantuan RTLH dan memindahkan alokasi bantuannya ke rumah lain.

“Saya pasrah meratapi nasib saya, meminta keadilan dari pemerintah daerah, propinsi maupun pusat, yang merasa terdzolimi oleh pihak Pemdes Desa Maruyung, yang mencabut kucuran bantuan RTLH secara mendadak,tanpa alasan yang jelas padahal waktu itu pemdes Maruyung sudah meng ACC untuk segera mendapatkan kucuran bantuan RTLH.” Tandas Nunung.

 Masih menurut Nunung,  khawatir rumahnya ambruk karena sudah di makan usia, terpaksa Nunung merehab rumahnya dengan anggaran ekonomi  keluarga  yang pas-pasan, itupun pinjam uang sana-sini, walau rehab rumah sampai saat ini masih menggantung, dan belum selesai, minimal tidak akan ambruk.

  Secara terpisah Bupati Bandung, H.Dadang Moch Naser, menyampaikan, Pemkab Bandung, berencana akan membangun RTLH sebanyak 2432 unit rumah, dimana anggarannya bersumber dari beberapa pos diantaranya, dari anggaran APBD kab Bandung sebanyak 1142 unit, APBD Propinsi 880 unit, Bangub 40 unit,dan APBN 170 unit serta Bantuan Stimulan perumahan Swadaya ( BSPS) 200 unit.

“Pemerintah kab Bandung, mengalokasikan anggaran sebesar 17 miliar rupiah dan untuk setiap stimulannya mendapatkan Rp 15 juta,” ujarnya.

 Bupati berharap dengan program Rutilahu ini dapat mengurangi jumlah rumah tinggal yang tidak layak huni. Pemkab Bandung juga telah Sabilulungan meluncurkan program perbaikan berbasis komunitas.

“Besar harapan terkait RTLH jangan main-main guna meningkatkan tempat tinggal hunian yang layak dan jangan ada manipulasi data,” tegasnya.

 ( Arbim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here