Hanya 80% THR CPNS Yang Diberikan

0
25

Cimahi, Media3.id- Kabar gembira telah diterima Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kota Cimahi. Sebab, mereka juga ternyata bakal menerima Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri.

Kepastian itu didapat berdasarkan Peraturan Wali Kota (Perwal) dan Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2019 tentang THR bagi PNS, TNI, Polri, Pejabat Negara, Pensiunan dan Penerima Tunjangan.

“Pemerintah Kota Cimahi dalam penentuan THR ini mengacu pada PP. Di PP disebutkan CPNS juga mendapatakn alokasi seperti PNS, sehingga di Perwal kita sudah dimasukan,” terang Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPKSDMD) Kota Cimahi, Ahmad Saefullo saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Rabu (22/5/2019).

Berdasarkan hasil seleksi CPNS 2018, ada 238 putra-putri yang lolos menjadi abdi negara di Kota Cimahi. Mereka sudah aktif bekerja beberapa bulan lalu, dan otomatis mendapatkan gaji pokok dan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD).

Hanya saja, THR yang diterima CPNS itu tidak akan diberikan 100 persen. Mereka hanya akan mendapatkan 80 persen THR, sama seperti gaji pokok yang diterima setiap bulannya.

Sebab sebagian besar CPNS di Cimahi masuk golongan IIIA atau lulusan S1/sederajat, maka mereka akan mendapatkan THR sesuai gaji pokok yakni sekitar Rp 1,9 juta.

Besaran gaji itu diatur dalam PP Nomor 30 Tahun 2015 tentang Perubahan Ketujuh Belas Atas PP tentang Peraturan Gaji PNS. Mereka baru akan menerima gaji full 100 persen setelah diangkat menjadi CPNS.

“Besarannya sama (dengan gaji pokok) 80 persen. Pencairannya bareng (dengan PNS),” ujar Ahmad.

Terpisah, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Cimahi, Achmad Nuryana menungkapkan, untuk pembayaran THR bagi CPNS ini, pihaknya sudah menyiapkan anggaran sekitar Rp 500 juta.

“Pencairan THR bagi para CPNS sudah diatur di PP. Sekitar Rp 500 juta,” ungkapnya.

Pencairan THR itu dipastikan akan bersamaan dengan THR PNS. Kemungkinan, kata Achmad, dalam dua hari kedepan sudah bisa diterima para abdi negara itu. Syaratnya, Perwalnya sudah ditandatangani Wali Kota Cimahi.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini segera selesai. Kami akan mulai proses pencairan bagi para CPNS, karena data gaji kita sudah siap,” jelasnya.

Ditegaskannya, Perwal itu harus melalui tanda tangan Wali Kota sebagai legalitas untuk pencairan. Jika belum ditanda tangan, berarti THR pun belum akan dicairkan. “Tinggal tanda tangan pak wali. Mudah-mudahan hari ini bisa keluar,” tandasnya.

(Bagdja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here