Gentra Lestari Budaya Berkunjung Ke Keraton Yang Ada Di Cirebon

0
57
Cirebon, media3.idKunjungan GENTRA LESTARI BUDAYA (GLB) ke keraton kanoman dan kacirebonan kemudian dilanjutkan dengan jiarah ke makam keramat Sunan Gunung Jati Cirebon, untuk memperkaya ilmu tentang budaya yang ada di cirebon baik dari seni budaya dan budaya keraton. Jumat, (4/4/2019).
Diketuai Ratu Ratna Dewi Kartika dan beberapa  anggota GLB diantaranya Tb Dika Dkk, Ambu Wieny dkk, Ari Hastuari, Diah Ekowati, Martha Kinarto, dan Gumilar. Selama dua hari perjalanan kebudayaan ke Kraton Cirebon mulai dari Rajaban di Kraton Cirebon dan jiarah ke makam sunan gunung jati.
Rombongan GLB disambut dan diterima dengan sangat baik oleh Sultan Abdul Gani dan Bunda Ratu Beda Natadingrat di Keraton Kacirebonan, tak hanya itu rombongan GLB disambut dan diterima baik oleh Bunda Ratu Arimbi dan Kang Ceppy dari Keraton Kanoman dengan rasa senang dan bersyukur bisa bersilaturahmi dengan kesultanan.
“Sambutan yang baik dan hangat membuat kami terharu karna disambut seorang Sultan Cirebon dengan ramah dan banyak memberikan ilmu yang luar biasa kepada kami semua.” Ujar Ratu Ratna Dewi Kartika ketua Gentra Lestari Budaya, Jumat, (4/4/2019).
Lanjut Ratu, kami yakin Cirebon bisa menjadi kota yang maju dibidang budaya dan pariwisata serta kulinernya seperti yang sudah dilakukan oleh Sultan Abdul Gani dengan pawon bogananya. Dengan dukungan dari Sultan Abdul Gani dari Keraton Kacirebonan serta beliau menyatakan siap untuk duduk didalam dewan pembina bersama Bunda Niniek L Karim untuk mendukung kegiatan Gentra Lestari Budaya didalam melaksanakan kegiatan seni budaya serta mengajak berkolaborasi membuat pagelaran seni antara gentra lestari budaya dan Keraton Kacirebonan.
“Beliau sangat concern terhadap budaya nusantara untuk pelestariannya.” Ungkapnya.
Sultan Abdul Gani dari Keraton Kacirebonan menurunkan, dengan adanya GLB ini semoga kebudayaan yang ada di Indonesia terutama di Cirebon bisa dilestarikan dan di turunkan kepada generasi, agar tidak hilang termakan jaman.
“Saya sangat setuju dengan kegiatan GLB, saya pun siap menjadi dewan pembina di Gentra Lestari Budaya ini, banyak agenda bisa di kerjakan bersama antara keraton dan GLB.” Tandas Sultan.

 

Usai bersilaturahmi dari kesultanan Kacirebonan kemudian rombongan berlanjut ke Jiarah ke makam sunan Gunung Jati Cirebon. Untuk mendoakan arwah leluhur.  (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here