Wujudkan Pemilu Damai Dan Sejuk, Kapolres Majalengka Inisiasi Silaturahmi Bersama Tokoh Politik Dan Forkopimda

0
17

Majalengka, media3.id – Sejumlah tokoh politik dan calon legislatif (Caleg) se  Kabupaten Majalengka  menyatakan siap mendukung Pemilu 17 April 2019 mendatang yang aman, damai dan sejuk.

Pernyataan sikap mereka ungkapkan saat berdeklarasi pemilu damai pada kegiatan Silaturahmi Kamtibmas Bersama Caleg DPRD sekaligus Deklarasi Pileg dan Pilpres yang aman dan Kondusif di Gedung Graha Sindang Kasih Kabupaten Majalengka, Jum’at (15/3/2019).

Dalam kesempatan itu Bupati Majalengka, H Karna Sobahi  sangat mengapresiasi Polres Majalengka yang telah menginisiasi sekaligus  memfasilitasi kegiatan silaturahmi Kamtibmas jelang pemilu dengan tujuan agar pelaksanaan pemilu di Kabupaten Majalengka berjalan dengan aman, tenteram dan berintegritas.

 “Itu yang kita harapkan, karena dengan keamanan dan ketentraman  masyarakat bisa melakukan pencoblosan dengan tenang, begitu pula dengan pihak penyelenggara bisa bekerja dengan tenang,” ungkapnya.

Ditempat yang sama,  Kapolres Majalengka AKBP Mariyono mengatakan, dukungan TNI-Polri sangat besar untuk menjaga keamanan dan kedamaian saat Pemilu 2019 baik itu Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun  Pemilihan Legislatif (Pileg).

“Dengan adanya dukungan TNI-Polri ini, diharapkan akan mampu menciptakan situasi yang aman dan tertib khususnya di Kabupaten Majalengka,” paparnya.

Disamping itu diakuinya,  untuk mewujudkan pemilu yang aman, damai dan sejak, pihaknya sering melakukan kegiatan yang sifatnya preemptive dan preventive secara personal ataupun “door to door” serta melakukan penggalangan di masyarakat.

“Kegiatan seperti hari ini juga merupakan suatu upaya yang kita ciptakan untuk menyamakan persepsi bahwa seluruh elemen masyarakat berkomitmen untuk menjaga pelaksanaan kegiatan pemilu yang aman, tertib dan kondusif,” imbuhnya.

Mengenai maraknya isu-isu hoaks ataupun ujaran kebencian di media sosial (Medsos), pihaknya bersama TNI akan selalu memantau, bilamana didapati, pihaknya tak segan-segan melakukan penindakan sesuai dengan UU ITE.

 “Tindakan yang diberikan merupakan suatu pembelajaran ke masyarakat bahwa kami tegas dalam hal-hal yang sifatnya hoaks atau ujaran kebencian,” tegasnya.

Dalam kegiatan tersebut pihaknya  mengapresiasi rakyat Majalengka, karena dinilainya  sangat toleran sehingga menurutnya itu merupakan suatu keuntungan bagi pihak keamanan sehingga situasi Kabupaten Majalengka  selalu dalam keadaan kondusif aman dan terkendali.

“Dengan bantuan dari seluruh elemen masyarakat, kami yakin sampai dengan selesai tahapan pemilu kelak akan berjalan dengan aman dan tertib,” ujarnya.

Sementara itu dijelaskannya,  empat poin penting yang menjadi osu Deklarasi Pemilu 2019 yang ditandatangani  tokoh Politik dan para Caleg di Kabupaten Majalengka tersebut diantaranya mereka  bersepakat menciptakan pemilu 2019 yang aman, damai dan berintegritas juga mereka bersepakat mendukung penegakan hukum  terhadap segala bentuk penyebaran berita hoaks, ujaran kebencian, hasutan dan provokasi serta menolak isu-isu yang memecah belah kebhinekaan dan menolak segala bentuk kegiatan money politics, politik identitas dan negatif campaign.

” Selain itu mereka menolak segala bentuk paham radikalisme, terorisme dan usaha-usaha yang berupaya  mengganggu Ideologi Pancasila dan berusaha menggantikannya  dengan ideologi lain,” pungkasnya. (Nano)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here