Yayat Sumirat SH Ketua Komisi C DPRD kab Bandung,” Rehab Pasar Ciparay Perlu Proses Dan Tahapan

0
12

Media3.Id Ciparay- Yayat Sumirat SH dari  Fraksi PDI Perjuangan yang menjabat ketua Komisi C DPRD Kabupaten Bandung, Rabu(27/2) angkat bicara terkait rencana renovasi pasar desa Ciparay.

 Dijelaskan Yayat, saat Reses tahap II sidang tahun 2019 di desa Sarimahi di hadapan warga,” Bahwa proses renovasi pembangunan pasar tidak semudah membalikan telapak tangan, perlu proses dan tahapan-tahapan yang perlu di tempuh.

 Walaupun ini pasar desa Ciparay akan tetapi dalam proses pembangunan renovasi ada irisan  kewenangan dengan pemerintahh daerah yang harus di lalui baik oleh pemerintah desa maupun pihak pengembang,” jelasnya.

 Uji kelayakan yang harus di tempuh diantarannya menurut Yayat  pertama yaitu uji kelayakan uji Lingkungan, kedua Uji peruntukan lingkungan , ketiga Analisis dampak lingkungan dan ke empat analisa dampak lalu lintas karena pasar Desa Ciparay berada di lokasi pinggir jalan,” ungkapnya.

 Kemudian Izin Mendirikan Bangunan( IMB) sebelum keluar maka di perlihatkan dulu sertifikatnya apakah pasar ini milik desa Ciparay atau milik desa Sarimahi, atau milik pemerintah Daerah.

 Setelah jelas legilitas kepemilikannya baru ada proses surat permohonan penerbitan IMB dan selanjutnya pemerintah desa harus mencari Investor yang di tunjuk dan di percaya pihak desa, setelah pihak desa punya investor yang siap dalam bekerjasama untuk renovasi pembangunan pasar Ciparay, maka kami DPRD kabupaten Bandung, baik itu komisi B dan C akan menguji materi kelayakan pengembang tersebut, karena kami khawatir ini menyangkut hajat Hidup orang banyak, takut pemborong itu tidak evakualasi, setelah uji materi, selanjutnya pemborong sosialisasi dengan warga pasar terkait rencana kontruksi bangunan, dan sosialisasi  kesepekatan harga, baru setelah itu keluarlah SK Bupati,” tandasnya.
 Proses yang harus di tempuh untuk renovasi pasar mencakup 10 katagori dan itu memerlukan waktu yang cukup.lama,” pungkasnta.( Arbim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here