SEPI BAKAL CALON, MUNCULKAN RIVALITAS INTRA KELUARGA

0
33

Klaten, Media3.id.  – Fenomena rivalitas intra keluarga dalam kontestasi pemilihan kepala desa (pilkades) 13 Maret mendatang, muncul di beberapa desa di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Seperti misalnya di Desa Pepe, Kecamatan Ngawen, hingga mendekati hari penetapan nama-nama calon kepala desa (cakades) sebagai kontestan pilkades, 4 Maret mendatang, masih hanya ada dua nama bakal cakades. Yaitu, Sri Hibatun Yulaika, yang merupakan petahana, dan Yolanda Ayu Fahma, yang tak lain putri kandung Sri Hibatun.

Diketahui, dalam pilkades 2013 silam Sri Hibatun Yulaika memenangkan pemilihan dengan peroleh suara 1.210, dari 1.753 pemilih yang hadir mencoblos di TPS.

Rivalitas unik lain juga terjadi, seperti di Desa Borangan, Kecamatan Manisrenggo. Terdapat kontestan bernama Suryadi, dan Sri Hastuti, yang tak lain merupakan pasangan suami istri (pasutri). Diketahui, keduanya mendaftarkan diri kepada panitia pilkades pada waktu berbeda.

Suryadi, sang suami, mendaftarkan diri pada 7 Januari, sedangkan Sri Hastuti mendaftar pada 22 Januari, menjelang penutupan pendaftaran.

Menurut penuturan salah seorang panitia pilkades Borangan yang enggan disebutkan namanya, bahwa  di hari-hari menjelang batas tanggal pendaftaran, sejumlah calon menyatakan mengundurkan diri, sehingga tinggallah nama Suryadi saja.

“Oleh karena kondisi ini (calon tunggal, red) dapat menyebabkan ditundanya pelksanaan pilkades, maka pak Suryadi lantas mengajak istrinya, Sri Hastuti, untuk turut mencalonkan diri dalam pilkades 13 Maret mendatang”, ucap seorang panitia.  •    (Shaleh Rudianto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here