Relawan Demokrasi (RELASI) KPU Kota Banjar menggelar diskusi Publik

0
4

Banjar, media3.id – Acara Diskusi Publik  mengusung tema “Partisipasi Masyarakat Kota Banjar dalam Pusaran Pragmatisme Politik”. Merupakan salah satu giat edukasi politik pada masyarakat untuk menyongsong pemilu 17 April mendatang dengan pemantik diskusi dari Ketua Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Kota Banjar Joko Nurhidayat.

Dalam urainnya pemantik diskusi memaparkan bahwa partisipasi masyarakat dalam menggali pengetahuan politik dan menghadapi konstestasi pemilu mendatang perlu diperkuat dengan berbagai aspek salah satunya dengan diskusi publik dan pendalaman literasi guna tidak terjebak dalam pusaran pragmatisme politik yg bersifat fatamorgana.

Pada kesempatan  tersebut, turut hadir Ketua KPUD Kota Banjar (Dani Danial Mukhlis, S.Pd.I) beserta jajaran komisioner KPUD lainy, Camat Kecamatan Langensari  (Asno Sutarno, SP. MP), Bawaslu Kota Banjar dengan memandatkan Komisioner Panwascam Langensari  (Nurhadi).

Giat ini juga turut mengundang PPK Kecamatan Langensari, PPS Desa Langensari delegasi Karang Taruna se-kecamatan Langensari serta delegasi Mahasiswa dari kampus STAIMA, STIT Muban, STISIP BP, STIKES BP Kota Banjar.

Acara diskusi publik NGOMPOL LU (NGOBROL MASALAH POLITIK DAN PEMILU) dengan tema “Partisipasi Masyarakat Kota Banjar dalam Pusaran Pragmatisme Politik” adalah agenda rutin mingguan di empat titik Kecamatan secara bergilir se-kota Banjar. Bahasan atau tematik yang diusung adaptif dengan fenomena kekinian sehingga mampu dicerna dikhalayak ramai.

Agenda ini menjadi wahana kawah Candradimuka masyarakat untuk saling mengkaji, bertukar fikiran, memberi ide gagasan dengan kontruks pemilih yang berdaulat dalam bingkai Demokrasi.

Harapan masyarakat bisa teredukasi sehingga mampu cermat, berdikari dan berdaulat dalam menentukan pilihannya pada pemilu 17 April mendatang ditengah pusaran pragmatisme politik. Ucap Ketua RELASI Basis Komunitas Demokrasi (Mahmud Abdilah) selaku pelaksana kegiatan.

Pada kesempatan yang sama Camat Kec. Langensari (Asno Sutarno SP. MP) memaparkan bahwa ” Pemerintah Daerah mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, karena bukan hanya kewajiban eksekutif untuk berupaya memberi informasi dan pngetahuan tentang sadar pemilu dan berdemokrasi scara konstitusional, namun ada peran penting  secara mendasar dari masyarakat pula untuk saling berpartisipasi saling bahu membahu membangun integritas sadar berdemokrasi sehingga mampu memberikan kontribusi yang terbaik untuk daerah.

Di penghujung acara Ketua KPUD Kota Banjar (Dani Danial Mukhlis, S.Pd.I) memaparkan bahwa “pragmatisme politik mesti dikikis karna ini mrupakan penyakit dlm Pemilu dan Demokrasi. Maka untuk membangun paradigma berfikir kognitif rasional masyarakat dalam berdemokrasi, salahsatunya dg pedekatan budaya atau local wisdom dan agama. Kedua pendekatan ini saling berkorelasi untuk cipta kondisi masyarakat yang mampu cermat dalam bersikap, berdaulat dalam memilih sehingga kuat berjibaku dalam prinsip dasar Demokrasi, tidak mudah hanyut dalam pusaran pragmatisme politik. (Rilis/tema)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here