Hindari Dokumen Kependudukan Palsu, Disdukcapil Majalengka Minta Masyarakat Ngurus Sendiri, Satu Hari Selesai Dan Gratis

0
12

Majalengka, media3.id – Penemuan sejumlah e-KTP palsu di Kabupaten Majalengka berawal dari pengaduan warga pemegang e-KTP tersebut, saat data yang terdapat didalam e-KTP yang dimilikinya tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

” Beberapa hari lalu, kurang lebih satu  minggu  yang lalu, ada warga datang ke kami untuk melakukan klarifikasi data e-KTPnya, karena data yang bersangkutan tidak teridentifikasi saat melakukan pendaftaran BPJS,” ungkap Kasie Siak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Majalengka, Abu Sholeh Mulyana, kepada media3.id Kamis (28/2/2019).

Dikatakannya, untuk memastikan kebenaran data, kemudian pihaknya melakukan penelusuran data dengan menggunakan alat Smart Card Reader yang dimilikinya.

” Dari penelusuran, ternyata yang bersangkutan belum pernah melakukan perekaman, sementara dia sudah memegang e-KTP dengan NIK sama, cuman nama yang berbeda,” paparnya.

Setelah dilakukan pengecekan di sistem ternyata warga itu  belum melakukan perekaman dan pihaknya menyarankan warga tersebut untuk melakukan perekaman.

” Setelah di lakukan perekaman, saat itu juga kami cetakan e-KTPnya. Dan saya pastikan e-KTP yang bersangkutan yang dimiliki sebelumnya merupakan e-KTP palsu,” tegasnya.

Diakuinya, saat ini kasus e-KTP palsu yang sedang ditangani Disdukcapil Kabupaten Majalengka sebanyak 5 kasus, semuanya berasal  dari wilayah Majalengka utara.

Dari kasus tersebut pihaknya menghimbau masyarakat untuk mengurus keperluan dokumen kependudukannya dilakukan sendiri, dengan tidak mewakilkan ke pihak lain, agar bisa dipastikan bahwa dokumen tersebut asli dari Disdukcapil.

“Kami tidak melakukan pungutan dalam bentuk apapun untuk kepengurusan dokumen kependudukan,” terangnya.

Dijelaskannya, hanya untuk Akta kelahiran saja ada denda keterlambatan,  nilainya Rp 25 ribu dan yang lainnya semua gratis. Untuk proses pengurusan e-KTP satu hari selesai dengan catatan jaringannya normal tidak ada gangguan jaringan.(Nano)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here