Akibat Hujan Lebat Dan Abrasi Sungai Cimanuk, Sejumlah Rumah Warga Randegan Wetan Rusak

2
24

Majalengka, media3.id – Guyuran hujan diwilayah Majalengka utara akhir-akhir ini intensitasnya lebat.

Seperti terjadi pada Rabu (6/2/ 2019) sekira pukul  16.30 WIB di Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka hujan terus mengguyur wilayah tersebut.

Akibat hujan lebat,  terjadi bencana tanah longsor yang juga di akibatkan abrasi dari tergerusnya tanah bantaran atau pinggir Daerah Aliran Sungai (Das) Cimanuk.

Wilayah yang mengalami bencana tanah longsor diantaranya di blok Saluyu Desa Randegan wetan Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka

“Adapun ukuran tanah yang terkena longsor dan sudah tergerus oleh saluran air sungai Cimanuk,  dengan ukuran lebar kurang lebih 4 X 100 Meter.
Rumah yg terkena dampak tanah longsor sekitar 5 rumah dan 1 Kandang kambing, ” ungkap Kapolres Majalengka AKBP Mariyono melalui Kapolsek Jatitujuh AKP Asep Supriyadi.

Menurutnya, rumah warga yang terkena longsor tersebut mengalami kerusakan seperti rumah milik Kaswin jarak dengan tanah yang sudah longsor setengah meter mengalami rusak yakni  tembok dan lantai dapur retak

” Selanjutnya rumah milik Narma juga mengalami retak-retak hampir semua bagian rumahnya.Dan warga lain yang mengalami kejadian serupa  menimpa Kayem  retak-retak bagian  depan rumahnya,” jelasnya

Pihaknya menambahkan rumah yang mengalami kerusakan akibat tanah longsor juga menimpa rumah  Nardiman dan Dadang yang retak-retak di seluruh bagian rumah miliknya.

“Setelah mendapat laporan dari warga saya bersama anggota langsung melakukan pengecekan ke TKP sekligus memberikan himbauan kepada penduduk yg terdampak gerusan bantaran Sungai Cimanuk tersebut,” imbuh Supriyadi

Dia menghimbau dan menganjurkan warga disekitar bantaran sungai untuk selalu waspada dan hati -hati apabila terjadi hujan lebat disertai angin,  untuk sementara tidak tinggal di rumah demi keamanan dan kenyamanan keluarga.

 “Apabila hujan deras datang, langsung mengungsi ke rumah tetangga atau rumah kerabat lainnya, jangan sampai masih menempati rumah yang sudah retak-retak itu,” ujarnya

Sementara menurut salah satu warga yang terdampak tanah longsor,  Kaswin berharap kejadian tanah longsor dan abrasi sungai Cimanuk ini segera dapat ditanggulangi oleh pihak terkait, agar tidak terjadi dampak yang lebih luas.

” Harapan kami sebagai warga, kejadian ini agar segera di lakukan penanganan ataupun perbaikan terhadap tanggul sepanjang saluran air, supaya longsor  tidak semakin meluas , karena setelah kejadian ini sudah bayak rumah warga yang mengalami retak-retak akibat pergeseran tanah di daerah abrasi ini,” katanya diamini warga lainnya.(Nano)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here