UAS Tingkat SMP Digelar 6 Sampai 14 April Secara On Line

0
46

Wardani Sugiyanto, Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Klaten.

Klaten-media3.id. – Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten akan melaksanakan Ujian Akhir Sekolah tingkat Sekolah Menengah Pertama se Kabupaten Klaten pada tanggal 6 sampai dengan 14 April 2020. Ujian Akhir Sekolah dilaksananakan secara on line mengingat situasi dan kondisi masyarakat yang sedang dilanda wabah Covid19, demikian dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Klaten, Wardani Sugiyanto kepada media3.id hari Kamis (26/3/2020).

“Sesuai dengan himbauan dari pemerintah pusat dan kemudian ditindaklanjuti oleh ibu Bupati bahwa kita diminta untuk menerapkan social distancing, bahkan saat ini sudah pada taraf kita harus melakukan physical distancing untuk mencegah semakin meluasnya persebaran covid19 maka mau tak mau kita harus melaksanakan Ujian Akhir Sekolah itu juga secara daring (on line). Dan kita sudah menyiapkan semua sarana dan prasarananya.” kata Wardani.

“Saya kok yakin mas, saat ini hampir semua anak didik memiliki smartphone yang bisa dipakai untuk melakukan Ujian Akhir Sekolah secara on line. Kalaupun masih ada anak didik yang karena kondisinya tidak memiliki perangkat smartphone akan kita fasilitasi di laboratorium komputer yang ada di sekolahnya masing masing. Tentu saja tetap dilakukan sesuai dengan menerapkan physical distancing,” katanya lebih lanjut.

Sementara di kalangan Kepala SMP di Klaten terjadi ketidakjelasan informasi terkait UAS ini. Ada yang informasi yang menyebutkan UAS akan dilakukan pada akhir bulan Maret dan dilakukan dengan sistem manual seperti biasanya. Hal itu diperkuat dengan adanya instruksi dari “dinas” kepada para guru bidang studi untuk mengambil soal UAS di sekolah induk.

Beredar pula informasi bahwa saat ini soal UAS sudah terlanjur dicetak oleh sebuah percetakan. Dan dikabarkan juga pihak sekolah sudah dimintai DP untuk membayar pencetakan soal soal tersebut. Saat media3.id mengkonfirmasi hal itu kepada Kamidi lewat aplikasi WhatApps, Ketua Musyawarah Kelompok Kepala Sekolah (MKKS) SMP se Kabupaten Klaten itu belum memberikan respon.

(Sarjana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here