Tahun Depan RT/RW Di Cimahi Miliki Unit Bank Sampah

0
20

 

Cimahi, Media3.id- Direktur Bank Samici, Warso Wijaya, saat ini sedang gencar-gencarnya ingin adanya penambahan nasabah Bank Sampah Induk Cimahi (Samici).

Warso terus gencar untuk mengajak masyarakat dapat memilah-milah sampah. Bahkan ulas Warso, pihaknya sangat yakin pada tahun depan.

Gebrakan Warso, dirinya telah menargetkan semua RT/RW di Kota Cimahi memiliki unit bank sampah, yang dikelola oleh Bank Samici.

“Targetnya semua RT/RW punya  unit bank sampah. Kita terus sosialisasi dan edukasikan untuk dapat memilah dan pengelolaan sampah sejak dari sumber atau rumah tangga,” jelasnya.

Saat ini kata Warso di Cimahi terdapat 262 unit bank sampah yang tersebar di sekolah, RW, dan kantor. Jumlah tersebut belum termasuk 1.300 nasabah perorangan di Bank Samici.

Setiap tahun jumlah nasabah naik rata-rata 20%. “Kami bersyukur dengan keberadaan bank sampah ini masyarakat yang mau memilah sampah sudah lebih banyak. Efeknya, perekonomian masyarakat juga bisa meningkat,” ungkapnya.

Bank Samici saat ini telah mampu mengolah sampah rata-rata 1,5 ton dari semua jenis sampah anorganik. Jenis sampah yang dikelola terdiri dari plastik 29 jenis, logam 14 jenis, kertas 12 jenis, kaca tiga jenis, dan barang elektronik tiga jenis.

Selain nasabah perorangan yang menabung sampah langsung ke Kantor Induk Bank Samici,  sejumlah nasabah juga menabung sampah diunit-unit bank sampah.

“Semakin banyak mereka menabung sampah, maka akan dapat keuntungan secara ekonomi. Yang utama, masalah sampah bisa diselesaikan sejak dari rumah,” imbuh warso.

Pembuatan unit-unit bank sampah yang terdapat di pemukiman penduduk, perkantoran, maupun sekolah ditujukan untuk memudahkan pengangkutan sampah ke Kantor Induk Bank Samici. Dengan demikian, sampah yang diangkut bisa sekaligus banyak.

“Perputaran uang hasil pengolahan sampah di Bank Samici mencapai Rp 30 juta per-bulan.

“Mungkin bukan menjadi target utama, melainkan seluruh  masyarakat terlibat memilah, mengolah dan mengurangi sampah mulai dari sumbernya, yaitu mulai dari rumah tangga dan menjadi nasabah Samici,” ucapnya.

(Bagdja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here