Selama Pandemi Covid-19, Peningkatan Angka Ibu Hamil Mencapai 13,8%

0
70

 

KLATEN. Media3.id – Bupati Klaten, Hj. Sri Mulyani hari ini, Selasa (30/6/2020) di Halaman Kantor Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Pemkab Klaten, menyerahkan 26 unit motor “Beat” kepada 26 Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) di 26 kecamatan yang ada di Kabupaten Klaten. Pemberian bantuan motor ini untuk menunjang operasional para Petugas Lapangan Keluarga Berencana agar lebih giat dan lebih cepat dalam meningkatkan pelayanan terhadap warga dalam rangka meningkatkan angka kepesertaan pasangan usia subur dalam program Keluarga Berencana. Meski sebenarnya, untuk lingkup propinsi Jawa Tengah, jajaran Petugas Lapangan Keluarga Berencana Kabupaten prestasinya dalam upaya meraih angka kepesertaan program Keluarga Berencana termasuk sangat bagus. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Martin Simawanta dalam sambutan pada saat acara penyerahan sepeda motor tersebut.
Dalam kesempatan memberikan sambutan pada acara tersebut, Bupati Klaten, Hj. Sri Mulyani menyebutkan bahwa dalam masa pandemi covid-19, terjadi peningkatan angka ibu hamil sebesar kurang lebih 13,8%. “Kita mencatat ada kenaikan sekitar 13,8% angka ibu hamil pada periode Januari-April 2020. Ini bisa jadi karena adanya kebijakan “stay at home” selama ada pandemi covid-19. Mungkin juga karena penerapan social distancing dan physical distancing sehingga ibu ibu enggan dan tidak sempat untuk “mengurus” alat kontrasepsi yang mesti dilakukan di fasilitas kesehatan tingkat 1.” kata Bupati.
Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menyerahkan bantuan sarana operasional berupa dua unit laptop beserta printernya kepada semua Unit Pelaksana Program Keluarga Harapan (UPPKH) di 26 Kecamatan di wilayah Kabupaten Klaten. Pemberian bantuan Sarana operasional berupa laptop dan printer itu untuk mendukung kerja di setiap Unit Pelaksana Program Keluarga Harapan di kecamatan yang ke depan semakin dibutuhkan, terlebih dalam mendukung penyaluran bantuan sosial warga kurang mampu.
Bantuan sarana operasional berupa sepeda motor untuk para PLKB dan bantuan berupa dua unit laptop beserta printer untuk UPPKH di kecamatan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus dari Pemerintah Pusat untuk Pemerintah Kabupaten Klaten Tahun Anggaran 2020. (Sarjana / Red. Jateng DIY)

- Advertisement -
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here