Satu Lagi Lokomotif Kuno Ramaikan Pariwisata Kota Solo

0
122

Solo,  Media3.id – Masyarakat pariwisata umumnya dan warga Solo kembali mendapatkan satu lagi sarana angkutan wisata dalam kota yaitu Lokomotif uap seri D14 buatan tahun 1914. Lokomotif uap ini menjadi loko kereta api handal yang beroperasi di Indonesia pada masa antara 1920 sampai 1960 an.

Sebelum dioperasionalkan lagi sebagai kereta wisata, loko ini menghuni musium kereta api di Ambarawa, Semarang. Kemudian dilakukan restorasi oleh tehnisi tehnisi PT KAI di Balai Yasa Lempuyangan Yogyakarta selama sembilan bulan. Berhubung loko itu termasuk produk lama maka pihak PT KAI memanggil kembali para mantan tehnisi Balai Yasa Yogyakarta yang sudah pensiun untuk bersama sama dengan tehnisi tehnisi yuniornya merestorasi loko tersebut.

- Advertisement -


Adapun peresmian operasionalisasi Lokomotif uap D1410 ini dilakukan oleh Wakil Walikota Surakarta, Ahmad Purnomo yang didampingi oleh para pejabat PT KAI Daop 6 Yogyakarta dan PT KAI Pusat.
Di kota Solo sebelumnya sudah ada fasilitas transportasi wisata berupa bus tingkat (double decker), rail bus Batara Kresna dan satu rangkaian kereta uap Jaladara. ( Sarjana)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here