Sampah di Sungai Didominasi Limbah Domestik

0
106

 

Bandung.Media3.id – Satgas subsektor 14 sektor 22, dipimpin Peltu Syahril, membersihkan Sungai Cikapundung kolot lebih dikenal dengan Sungai Cigede, RW.02 Kelurahan Mengger Bandung kidul Kota Bandung, Selasa (12/11/2019)

Dalam pembersihan ini banyak sampah rumah tangga (Limbah Domestik) berupa karpet, selimut dan sisa buangan masak atau dapur.

Peltu Syahril (Dansub 14-22) mengatakan, “Sehabis hujan memang sudah biasa suka aneka ragam sampah, entah disengaja ataupun tidak dibuang oleh masyarakat, dan ini buktinya ada” jelasnya

Syahril menambahkan, tidak ada kendala dilapangan ketika melakukan pekerjaan pembersihan, namun ada beberapa pondasi yang roboh jatuh ke aliran sungai

“Adanya beberapa pondasi yang roboh ke sungai sehingga ini membuat alat untuk menyangkutnya sampah, maka aliran sungaipun menjadi terhambat, kalo saja tidak dibersihkan maka mudah berakibat banjir bila debit air besar ketika hujan datang” terangnya.

Satgas sektor 14-22, dalam karya bakti pembersihan sungai selalu melibatkan pasukan gober kelurahan setempat, ini merupakan kekompakan pendukungan dari aparat kewilayahan, sehingga mudah berkomunikasi ketika ada hal yang dibutuhkan,

Pembersihan ini dilakukan bersama pasukan baraya dan dibantu oleh pasukan gober dari Kelurahan Mengger, maka perlu pemeliharaan kontinyu atau berkelanjutan supaya kondisi airnya lebih bersih dan lebih jernih lagi.

Agus Suherman (Gober Kel. Mengger) mengatakan, “Kerjaan kami adalah gorong-gorong bersih artinya pembersihan sungai dan got dengan tujuan lancarnya aliran air supaya tidak terjadi banjir” ucapnya

“Kami merasa terbantu dengan adanya Satgas Sub 14-22 Citarum Harum, karena ada kerjasama dalam pelaksanaan pekerjaan bahkan kami merasa terbimbing” pungkas Agus.

Pembersihan Sungai Cigede, sepanjang 1000 meter menghasilkan sampah yang terangkat hingga sebanyak 1.600 kg, ini merupakan pembersihan luar biasa, maka sangat disayangkan bila kebersihan di abaikan soalnya kondisi air sungai sudah mulai bening dan bersih.

(Acep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here