Persiapan Pemetaan PSBB Pemkot Cimahi Gelar Rapid Test Dan Swab Test

0
115

Anggota DPRD Kota Cimahi dari Partai NasDem Sobari sedang rapid test

CIMAHI media3.-Pemerintah Kota Cimahi menggelar rapid test dan swab test yang berlangsung di sejumlah titik secara serentak, Kamis (16/4/2020).

- Advertisement -

Hal ini untuk mengetahui peta penyebaran dan potensi penularan Corona Virus Disease (Covid19).

Kepala Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi, Harjono menjelaskan rapid test dan swab rest ini dilakukan di lima titik dengan jumlah peserta ratusan orang.

“Rapid test ini untuk mendeteksi potensi kasus baru sesuai riwayat kontak dengan pasien yang terkonfirmasi positif corona,” ujar Kepala Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi.

Rapid test dapat memunculkan hasil dalam waktu 15 menit. Sedangkan hasil swab tes akan dibawa ke Labkesda untuk mengetahui hasilnya. Dia menjelaskan, rapid test dan swab test dilakukan untuk mengetahui peta penyebaran dan potensi penularan.

Kepala Dinas Diskominfoarpus Kota Cimahi

“Hal ini dilakukan sebagai persiapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), hasil tes nanti akan muncul peta sebaran sehingga bisa pengawasan lebih ketat,” ucapnya.

Pelaksanaan rapid test juga wajib dilakukan oleh perusahaan yang tetap beroperasi selama PSBB berlangsung. Pemkot Cimahi meminta perusahaan di Kota Cimahi untuk menutup operasional selama 14 hari tersebut.

“Apabila tetap beroperasi harus mengajukan ijin kepada Pemerintah Kota Cimahi dan melakukan skrining seluruh pegawainya dengan melaksanakan rapid test. Hal ini dilakukan untuk hasil PSBB yang efektif,” katanya.

(Sinta/Bagdja)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here