Musrenbang Kota Cimahi Libatkan Partisipatif Masyarakat Dalam Pembangunan

0
36

CIMAHI, media3.id – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Cimahi 2021 digelar secara partisipatif yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan Kota Cimahi.

Hal itu dilakukan dalam rangka merumuskan usulan program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi pada perencanaan pembangunan di Kota Cimahi tahun 2021.

Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna mengatakan, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Cimahi 2021 merupakan rencana pembangunan tahun ke-4 dalam tahapan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Cimahi tahun 2017-2022 .

“Arahan kebijakannya yaitu Mewujudkan pemerataan ekonomi melalui partisipasi masyarakat yang didukung dengan pembangunan infrastruktur berkualitas,” ujarnya.

Selaras dengan prioritas pemerintah pusat dan Pemprov. Jabar, di tahun 2021 Pemkot Cimahi menetapkan target pertumbuhan ekonomi sebesar 6,04%, penurunan tingkat kemiskinan menjadi 4,11 %, dan penurunan tingkat pengangguran terbuka (TPT). menjadi 7,58%.

Walikota Cimahi Ir Ajay Mochamad Priatna

Untuk capaian indikator pembangunan Kota Cimahi di tahun 2018, dari target 5,64% pertumbuhan ekonomi mencapai pertumbuhan 5,68%, penurunan tingkat kemiskinan mencapai 4,39% dari target 5,61% di tahun 2019.

“Penurunan TPT menjadi catatan karena belum mencapai target yang diharapkan yaitu sebesar 7,52%, untuk 2019 baru mencapai angka 8,08%.

Sedangkan untuk indeks gini atau ketimpangan Kota Cimahi berhasil mencapai target tahun 2019 sebesar 0,363,” katanya.

Pada perencanaan pembangunan di tahun 2021, Pemkot Cimahi direncanakan akan mendapat bantuan keuangan Provinsi Jabar untuk sejumlah kegiatan pembangunan fisik di Kota Cimahi.

“Antara lain pembangunan creative center, revitalisasi pasar dan penataan Alun-alun Kota Cimahi. Untuk tahun 2020 ini, lewat bantuan provinsi akan dilaksanakan pembangunan antara lain underpass Jalan Ariwijaya, pembangunan jalur ganda (double track) jembatan Leuwigajah, pembangunan sekolah baru, pembangunan destinasi wisata baru di Cimenteng, pembangunan gedung C RSUD Cibabat berikut pengadaan sarana prasarana serta dan pembangunan command center Kota Cimahi,” ungkapnya.

Prioritas pembangunan tahun 2021 terbagi dalam prioritas pembangunan fisik, pembangunan di bidang ekonomi, serta pembangunan di sektor sosial budaya dan pemerintahan.

“Untuk revitalisasi Stadion Sangkuriang, direncanakan berlangsung di tahun 2021,” ucapnya.

Kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dunia usaha, perguruan tinggi dan juga instansi TNI/Polri mutlak diperlukan dan akan memberi warna dan karakter yang kuat pada pembangunan di Kota Cimahi.

“Tantangan pembangunan ke depan tentunya tidak lebih mudah, di tengah perlambatan ekonomi dunia akibat penyebaran virus Corona. Kita optimis terus membangun dan mencapai tujuan dan target yang disepakati bersama. Melalui musrenbang partisipatif tingkat Kota Cimahi ini semoga prioritas program dan kegiatan, pagu indikatif, dan juga lokasi kegiatan dapat disepakati dan menjadi bahan masukan dalam penyempurnaan RKPD Kota Cimahi 2021.

Dengan demikian, dapat memberikan hasil yang nyata di semua sektor pembangunan dan dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat,” tandasnya. (Bagdja).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here