Masjid Agung Baitussalam Tak Gelar Shalat Idul Fitri

0
48

 

PURWOKERTO, media3.id –
Masjid Agung Baitussalam (MAB) Purwokerto memutuskan secara resmi tak menggelar Shalat Idul Fitri 1441 Hijriah secara berjamaah. Keputusan tersebut karena situasi saat ini masih pandemi virus corona (Covid-19).

- Advertisement -

Humas Masjid Agung Ir.H.Alief Einstein,M.Hum. menyatakan keputusan itu sudah diambil oleh Ketua Takmir MAB Dr.H.Muh.Hizbul Muflihin,M.Pd. Namun demikian, Takmir Masjid Agung tetap melatunkan takbir. Gema takbir yang dihadiri oleh beberapa orang saja yang berperan sebagai imam dan muazin yang dikumandangkan mulai Sabtu 24 Mei 2020 setelah Maghrib sampai dengan pukul 21.30.

Dr.H.Hizbul yang juga Dosen IAIN Purwokerto pun mengingatkan dalam menyemarakkan Hari Raya Idul Fitri agar umat Islam dapat beribadah takbiran dan salat Id di rumah saja. Bersabar dengan kondisi saat ini.

Einstein menambahkan, selama Ramadhan tahun 2020 ini, Masjid Agung juga telah resmi meniadakan berbagai kegiatan yang biasa berlangsung pada bulan Ramadan, di antaranya salat tarawih, buka bersama, iktikaf, dan tausiah.

Menurut Einstein, keputusan tidak menyelenggarakan kegiatan yang biasa dilakukan pada bulan Ramadhan diambil untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19 ketika masyarakat beribadah di Masjid Agung.

Selama penutupan tersebut, lanjut Einstein, tidak ada masyarakat yang berkunjung dan melaksanakan kegiatan ibadah di Masjid Agung.
Kemudian, Dr. H. Hizbul yang juga Tim WASLITEV PW PTKI Kementerian Agama RI ini menjelaskan bahwa Keputusan Takmir Masjid Agung tersebut juga atas dasar pertimbangan imbauan Majelis Ulama Indonesia untuk menghentikan sementara kegiatan keagamaan di tempat ibadah di tengah pandemi Covid-19.

“Tak hanya MUI, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah turut mengeluarkan Surat Edaran berkenaan dengan ‘Tuntunan Salat Idul Fitri Dalam Kondisi Darurat Pandemi Covid-19”, kata Dr.H.Hizbul.
Selanjutnya ia memaparkan data sementara perolehan Masjid Agung untuk zakat fitrah sebanyak 472 bungkus @ 3 kg dan zakat mal 33.000.000 rupiah.▪(Shaleh Rudianto/Red.JatengDIY)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here