Limbah Domestik dengan Septiktank Komunal Dapat Tingkatkan Sanitasi Lingkungan

0
106

 

Cimahi, Media3.id – Limbah Domestik dengan didirikannya septiktank secara komunal, diharapkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi akan dapat meningkatkan sanitasi lingkungan demi kesehatan masyarakat Cimahi itu sendiri.

- Advertisement -

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Cimahi M. Nur Kuswandana membenarkan, bahwa pihaknya saat ini akan terus menerus menggulirkan penyediaan septiktank komunal.

“Terutama untuk sanitasi lingkungan yang bersih,”

Memang tidak sekarang yang akan dirasakan oleh masyarakat, namun dampaknya terasa ketika anak-anak sehat dan jadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang berdaya saing. Hal itu bisa mendorong kemampuan ekonomi mereka.

Menurut Nur, pada tahun 2019 sedikitnya terdapat 28 titik septiktank komunal yang disiapkan.

“Secara umum ada 28 titik septiktank dari semua hibah termasuk program Citarum Harum dan hibah pemerintah Australia di 2019,” ujarnya.

Untuk pembangunan titik septiktank komunal tersebut sangat membantu meningkatkan layanan air limbah domestik.

“Kita akan terus tingkatkan cakupan layanan dengan menambah septiktank komunal,” ucapnya.

Dinas Pemukiman dan Kawasan Perumahan (DPKP) Kota Cimahi, siap akan memperioritaskan pengolahan sanitasi, bila ada dari pihak lingkungan yang mengajukan pelayanannya.

“Karena kita akan lakukan terlebih dahulu dalam pengolahan limbahnya, baru setelah itu pada layanan lain sehingga komprehensif,” terangnya.

Hal serupa diungkapkan oleh Kasie Air Limbah, Nining Widiyati. Menurut Nining, selain hibah dari pemerintah pusat, Kota Cimahi juga penerima Hibah Sanitasi dari Australia Indonesia (Sanitasi-Australia Indonesia Infrastructure Grants for Sanitation/sAIIG).

“Hibah sAIIG masih berlanjut sampai tahun 2020,” jelasnya.

Dengan semakin tingginya pemahaman masyarakat tentang pengelolaan air limbah domestik yang baik dan benar maka kata Nining pula, baik permintaan atau pengajuan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) atau septiktank komunal semakin meningkat.

“Hal ini berkat kerja keras pihak DPKP dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan kerjasama yang baik antar perangkat daerah,” bebernya.

(Bagdja)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here