Insan Pers Klaten Hijaukan Bukit Sidoguro

0
57

Klaten, Media3.id – Peringatan Hari Pers Nasional di Klaten selain dilaksanakan upacara di Pendopo Gedung Pandanaran hari Kamis malam (13/2) yang diramaikan dengan pergelaran musik campursari dan pemberian santunan kepada para tukang becak dan kaum difabel, hari jum,at (14/2) dilanjutkan dengan penanaman ratusan pohon untuk penghijauan bukit Sidoguro, Bayat Klaten.

Penanaman pohon penghijauan diawali oleh Ketua Pengadilan Negeri Klaten, Albertus Usada. Kemudian berturut turut Kabag Humas Pemkab Klaten, Wahyudi Martono dan para awak media.
Bukit Sidoguro merupakan bukit kapur yang dikembangkan menjadi obyek wisata, maka dari itu masyarakat setempat lebih mengenalnya sebagai “turis”. Tempat ini berada di ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut. Bila kita berada di atas bukit ini, kita akan disuguhi pemandangan kota Klaten di sebelah utara dan pegunungan seribu Gunung Kidul Yogyakarta jauh di selatan. Dan tidak jauh dari bukit tersebut terdapat sebuah rowo (situ) Jombor yang terkenal dengan warung apungnya.
Pada setiap awal bulan syawal (setelah bulan ramadhan) di bukit Sidoguro ini dilaksanakan acara grebeg syawal yaitu kirab tumpeng yang terbuat dari ribuan ketupat hasil swadaya warga setempat untuk kemudian diperebutkan pengunjung dari berbagai kota di sekitar Klaten.
Tidak jauh dari bukit Sidoguro terdapat sebuah sendang (kolam pemandian) yang di dalamnya ada sepasang bulus (kura kura) yang menurut warga setempat sudah berumur ratusan tahun.
Tahun 2018 yang lalu obyek wisata bukit Sidoguro ini direvitalisasi oleh Dinas Pariwisata Pemkab Klaten dengan menghabiskan dana kurang lebih 2 milyard rupiah yang merupakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementrian Pariwisata Jakarta. (Sarjana).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here