Gubernur Riau Lantik Keluarganya Jadi Pejabat

0
66

 

Pekanbaru, Media3.id- Lantaran melantik istri, mantu, adik dan kakaknya jadi pejabat di Pemprov Riau, Gubernur Syamsuar dan Sekda Yan Prana Jaya jadi sasaran kritik masyarakat. Keduanya dianggap sudah menerapkan politik kolusi dan nepotisme.

Syamsuar merombak eselon III dan IV di lingkungan Pemprov Riau. Pada acara pelantikan yang digelar di Ballroom Menara Dang Medu Bank Riau itu, ada 737 pejabat.
Belakangan diketahui dari ratusan pejabat yang dilantik itu ada keluarga Syamsuar dan keluarga Sekda Riau, Yan Prana Jaya yang ikut dilantik.

Keluarga Syamsuar yang ikut dilantik adalah Tika Rahmi Syafitri. Tika adalah menantu Syamsuar. Dia dipromosikan, menjadi Kasi Retribusi pada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Riau.

Sebelumnya, istri dari Muhammad Andri ini hanya sebagai staf biasa di Bapeda. Selain itu, dua ajudan Syamsuar turut mendapat jatah jabatan. Keduanya adalah Raja Jehan Saputra dilantik sebagai Kasubag Hubungan Keprotokolan, dan Alfi Sukrila sebagai Kasubag Tamu, Kepala Bagian Protokol, Biro Adpim Setda Prov Riau.

Mereka yang dilantik adalah istrinya, Fariza, yang dilantik sebagai Kepala Bidang Pengembangan di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau. Ada juga kakak Yan, Prasurya Darma yang dilantik sebagai Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Riau. Dedi Herman yang merupakan merupakan adik Yan Prana juga dilantik sebagai Kabid Ops Satpol PP Riau.

Kabar ini dengan cepat menyebar ke pusat. Kapuspen Kemendagri Bahtiar mengaku telah mendengar kabar keluarga Syamsuar dan Yan Prana yang dilantik jadi pejabat. Bahtiar mengaku sudah mengirim surat klarifikasi kepada pejabat bersangkutan. Suratnya baru dikirim dan belum mendapat jawaban.
Sementara ini, lanjut dia, Kemendagri belum menemukan pelanggaran. Kata dia, kerabat tetap diperbolehkan bergabung, jika memang dinilai berkapasitas.

(Shaleh Rudianto/Redaksi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here