Dansektor VII Sosialisasikan Program Citarum Harum Di SMP 4 Muhammadiyah Sayati

0
100

Kab Bandung, Media3.id – Sektor VII Satgas Citarum Harum gelar sosialisasi program citarum harum di SMP 4 Muhamadiyah Sayati kecamatan Margahayu kabupaten Bandung, Rabu(16/10).

Kegiatan yang ditujukan sebagai edukasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) ini mendapatkan respon dan antusiasme yang tinggi dari ratusan pelajar SMP 4 Muhamadiyah serta kepala sekolah dan para guru berjalan secara interaktif.

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 09.00 WIB, pagi hingga sekitar pukul 12:00 WIB, para peserta yang mengikuti dan menyimak materi yang diberikan oleh narasumber secara seksama sejak acara dimulai hingga selesai, Sosialisasi disampaikan langsung oleh Dansektor VII Kol Kav Purwadi, diikuti Danramil 0926 Margahayu,diwakili.

Komandan Sektor VII, Kolonel Kav Purwadi menjelaskan bahwa tujuan dilakukannya sosialisasi di sekolah guna memberikan pembekalan dan edukasi sejak dini tentang kesadaran dan bahaya dampak pencemaran yang terjadi dilingkungan, khususnya kelestarian sungai. Program citarum diharapkan dapat diketahui oleh semua lapisan masyarakat, karena dengan tahunya program Citarum Harum, masyarakat dan pelajar menjadi ikut berbuat, menjaga lingkungan.

“Paling tidak dengan sosialisasi ini, warga mendapatkan pengetahuan, setelah tahu mereka akan ikut berbuat. Berharap program ini bisa diketahui di seluruh pelosok masyarakat,” ungkapnya.

Melalui sosialisasi ini, kata Kolonel Kav Purwadi, semoga dapat merubah mindset (pola pikir) masyarakat tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat, sekaligus menjaga lingkungan.

“Pelan-pelan kita ubah mindset masyarakat, yang tadinya apatis menjadi peduli. Kalo sudah tidak ada lagi satgas, nantinya masyarakat yang akan melanjutkan,” ujar Kolonel Kav Purwadi.

Dari materi yang disampaikan di sosialisasi ini diharapkan siswa ikut menyampaikan ke teman dan keluarga, tentang pentingnya fungsi sungai citarum bagi kehidupan khususnya warga Jawa Barat.

Lebih jauh Kolonel Purwadi mengatakan, seperti yang direncanakan Persoalan Citarum Harum tidak akan selesai bilamana perubahan medset dari masyarakat tidak signifikan, sehingga sasarannya yaitu merubah medset.

“Kami minta masyarakat, baik itu pelajar dari tingkat SD, SMP, SMA dan Mahasiswa perguruan tinggi, untuk menjadi corong pemerintah dalam upaya hidup bersih atau pola hidup sehat dengan mensosialisasikan program Citarum Harum,” terangnya.

Diakui kolonel kav Purwadi, Satgas Citarum Harum sektor VII berjumlah 80 orang sehingga sangat sulit bilamana program Citarum ini tidak di bantu oleh para pelajar dan masyarakat.

Ditempat yang sama Agus Saptaludin S.Pd, M.M,Pd, Kepala Sekolah SMP 4 Muhamadiyah Sayati saat diminta tanggapan reporter Media3.id, terkait kehadiran satgas Citarum Harum ke sekolahnya, mengatakan, Kehadiran DanSektor VII Satgas Citarum Harum ke sekolah ini, merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan.

“Tentunya apa yang di sosialisasikan beliau, kepada kami, terkait program Citarum Harum bisa menjadi support bagi kami, dalam menjaga lingkungan baik itu di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.” Ucapnya.

Selanjutnya apa yang disampaikan kolonel Purwadi, akan ditindaklanjut sesuai dengan program sekolah mengenai kebersihan, dimana nantinya mengenai masalah sampah akan pilah- pilah di tempat pembuangan bak sampah organik dan non organik.

“Setelah pertemuan ini kami akan merapatkan barisan sehingga para pelajar dan guru di sekolah kami, bisa menanamkan pola hidup sehat, bersih lahir dan batin, agar apa yang menjadi tujuan program Citarum Harum bisa segera terwujud,sehat warganya sehat juga masyarakatnya.” Pungkasnya.

Diakhir acara sosialisasi Satgas Citarum Harum Sektor VII, membagi- bagikan bingkisan berupa kaos dan topi program Citarum Harum sebagai Cinderamata sedang berlangsungnya program Citarum Harum.

(Arbim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here