Bandara Adi Sucipto Tutup Penerbangan Internasional Hingga 30 Maret

0
66

Yogyakarta, Media3.id – PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta memastikan tidak ada penerbangan internasional, baik dari maupun ke luar negeri, selama 10 hari ke depan. Kebijakan ini menyusul pemberitahuan dari Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, yang membatasi WNA dan WNI ke luar negeri.

Sebelumnya, Menlu Retno Marsudi menyampaikan kebijakan tambahan pemerintah Indonesia soal perlintasan orang dari dan ke Indonesia terkait COVID-19 (virus corona). Melalui kebijakan tersebut, pemerintah Indonesia mengimbau dengan sangat kepada WNI yang ada di luar negeri untuk segera kembali ke Indonesia.

Pemerintah juga tidak mengizinkan masuknya pendatang atau travelers yang dalam 14 hari terakhir sebelumnya telah mengunjungi delapan negara yang hingga saat ini terpapar virus corona yang cukup massif. Delapan negara itu di antaranya Iran, Italia, Vatikan, Spanyol, Prancis, Jerman, Swiss, dan Inggris.

Terkait itu, General Manager PT AP I Bandara Internasional Adisutjipto Agus Pandu Purnama mengatakan bahwa sejumlah penerbangan internasional sudah dibatalkan.

“Ya menanggapi itu, di Bandara Adisutjipto mulai 20 Maret hingga 30 Maret ke depan sejumlah penerbangan internasional di bandara ini ditiadakan,” kata Pandu kepada Media3.id, Jumat (20/3) siang.

Bandara Adisutjipto sendiri, lanjut Pandu, hanya melayani dua penerbangan internasional di Terminal B. Dua penerbangan tersebut antara lain dari dan ke Singapura serta Kuala Lumpur (Malaysia).

“Dua negara tersebut kan sudah lockdown ya, artinya penumpang dari negara-negara itu tidak diperkenankan bepergian ke luar negeri. Maka dari itu dari Yogyakarta juga tidak ada. Hal itu sesuai koordinasi dengan sejumlah maskapai penerbangan yang membatalkan perjalanan luar negeri dari maupun ke bandara ini,” tuturnya.▪(Shaleh Rudianto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here